WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Demo Ahok

Kerusakan Tanaman Akibat Aksi Unjuk Rasa Sebabkan Kerugian Rp155 Juta

Aksi unjuk rasa yang berlangsung Jumat (4/11/2016), menyebabkan kerusakan taman kota di tiga titik.

Kerusakan Tanaman Akibat Aksi Unjuk Rasa Sebabkan Kerugian Rp155 Juta
Rangga Baskoro
Munjirin (kaos biru), Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Pusat saat melakukan pemantauan perbaikan Taman Pandang Istana, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Aksi unjuk rasa yang berlangsung Jumat (4/11/2016), menyebabkan kerusakan taman kota di tiga titik, yakni dua taman di Jalan Medan Merdeka Barat dan satu titik di Medan Merdeka Utara.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Pusat Munjirin kepada Warta Kota mengatakan, kerusakan itu ada di beberapa lokasi, di Jalan Merdeka Utara ada dua spot, tepatnya di depan MA (Mahkamah Agung).

"Kurang lebih luas area taman yang rusak 200 meter persegi, hanya 2 border saja," ucap Munjirin, saat ditemui di Taman Pandang Istana, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (5/11/2016).

Baca: Tiga Taman di Silang Monas Hancur

Sedangkan kerusakan yang terjadi di Taman Pandang Istana seluas 300 meter persegi, tepatnya di pertigaan Jalan Medan Merdeka Barat yang mengarah ke Jalan Majapahit dan Medan Merdeka Utara.

Total kerugiannya mencapai kurang lebih Rp155 juta untuk mengganti dan memperbaiki tanaman yang rusak akibat kerusuhan yang terjadi saat unjuk rasa kemarin.

"Kalau tanamannya, sudah siap di kebun bibit yang ada di GBK. Total kerugiannya kalau kami kalkualasi berkisar Rp155 juta, gak begitu banyaklah," ucapnya.

Tanaman tersebut diantaranya meliputi jenis Walisongo Kuning, Pandan Kuning, Pandan Bali, Pisang Kipas, Palem Merah dan Bakung Air Mancur.

Jenis tanaman yang paling banyak menelan biaya adalah jenis Walisongo Kuning yang menghabiskan dana sebesar kurang lebih Rp56 juta untuk penggantian sebanyak 1235 unit.

Baca: Polri Sayangkan Perusakan 21 Mobil Negara yang Dibeli Pakai Uang Rakyat

Pihak Dinas Pertaman dan Pemakaman DKI Jakarta dibantu oleh Suku Dinasnya mengerahkan sebanyak 150 orang personil untuk membenahi kerusakan taman.

"Kerusakannya kalau dilihat bisa ditangani 2 hari dengan mengerahkan sebanyak 15p personil. Jadi saya nilai ini tidak begitu parah," ujar Munjirin.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help