WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Demo Ahok

Dirawat Berbulan-bulan, 11.848 Pot Tanaman Hancur Dalam Sehari

Aksi unjuk rasa sejumlah organisasi masyarakat pada Jumat (5/11/2016) di lingkar Monas menjadi momok Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

Dirawat Berbulan-bulan, 11.848 Pot Tanaman Hancur Dalam Sehari
Rangga Baskoro
Munjirin (kaos biru), Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Pusat saat melakukan pemantauan perbaikan Taman Pandang Istana, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Aksi unjuk rasa sejumlah organisasi masyarakat pada Jumat (5/11/2016) ataupun aksi serupa yang digelar setiap kali di lingkar Monumen Nasional (Monas)  kemarin menjadi momok Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

Bukan tanpa sebab, berbulan-bulan dirawat dan diperhatikan, ribuan pot tanaman justru hancur dalam beberapa jam.

Rasa gundah yang dirasakan sejumlah Pekerja Harian Lepas (PHL) taman terkait Demo Ahok - sapaan Basuki Tjahaja Purnama kemarin pun terbukti benar, berdasarkan data yang terhimpun ada sebanyak 11.848 buah pot tanaman hias yang rusak.

Baca: Tiga Taman di Silang Monas Hancur

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Djafar Muchlisin menyampaikan, terdapat tiga taman yang rusak pasca kejadian kemarin.

Ketiganya berada di lintasan para pendemo, mulai dari Masjid Istiqlal hingga Istana Merdeka dengan luasan kerusakan mencapai 540 meter persegi.

Namun, kondisi terparah terjadi pada tiga titik taman, yakni taman di Jalan Medan Merdeka Utara tepatnya depan Mahkamah Agung.

Pada taman seluas 200 meter persegi itu tertanam Kembang Sepatu 340 pot, Bakung Air Mancur 1500 pot, Walisongo Farigata 400 pot dan Pillodendron Sellum 300 pot.

Sementara pada Taman Median Jalan Medan Merdeka Barat tertanam Pucuk Merah sebanyak 20 pot, Pillodendron Sellum 40 pot, Kadaka satu pot, Korembusa Mini 1100 pot, Pandan Kuning 1250 pot, Palem Kol 10 pot, Pucuk Merah 20 pot, Palem Merah 6 pot, Pandan Bali 5 pot, Walisongo Kuning 1235 pot, Anting Putri 2362 pot, Kalatea 360 pot, Pisang Kipas 17 pot, Ruelia Tegak 2050 pot dan Sente 32 pot.

Baca: Polri Sayangkan Perusakan 21 Mobil Negara yang Dibeli Pakai Uang Rakyat

Sedangkan pada Taman Segitiga Jalan Medan Merdeka Barat sebanyak 800 pot Bakung Air Mancur.

Kerusakan taman diakibatkan terinjak pengunjuk rasa ataupun dirusak saat terjadi bentrokan pada Jumat (4/11/2016) malam.

"Tanaman itu sudah dirawat berbulan-bulan oleh PHL agar kawasan menjadi indah, tapi cuma dalam sehari semuanya rusak. Total kerugian mencapai Rp 155 juta, nggak begitu besar, karena memang tanaman yang ditata itu tergolong murah," jelasnya dihubungi Warta Kota pada Sabtu (5/11/2016).

Selain menata kembali taman yang rusak, pihaknya juga melakukan penggantian perlengkapan taman seperti lampu dan pagar taman.

Karena sebagian besar perlengkapan taman itu rusak hingga tercabut lantaran menjadi sasaran amuk demonstran.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help