WartaKota/

VW Bisa Kehilangan Bentley, Ducati, dan Lamborghini

Untuk membayar kompensasi atas skandal dieselgate, Volkswagen terpaksa meminjam uang banyak ke bank dengan jaminan tiga mereka kendaraan mewah.

VW Bisa Kehilangan Bentley, Ducati, dan Lamborghini
Kompas.com/UnitedPictures
Sedan terbaru Bentley New Flying Spur 

WARTA KOTA, PALMERAH-Dalam skandal dieselgate, total kendaraan Volkswagen (VW) yang menggunakan perangkat lunak ilegal pada mesin diesel berjumlah 11 juta unit di seluruh dunia. Sebagai bentuk tanggung jawab, pabrikan otomotif asal Jerman ini melakukan kampanye penarikan kembali atau recall.Tapi, untuk mengganti perangkat lunak tersebut pada 11 juta kendaraan di seluruh dunia, dilansir laman Reuters, VW harus menyiapkan dana ekstra besar. Sampai akhirnya, VW meminjam uang kepada sejumlah bank.

Total uang yang dipinjam VW adalah 20 miliar euro atau setara dengan Rp 300,5 triliun. Tapi, diberikan batas kredit, yakni dalam satu tahun ke depan VW harus sudah membayar lunas seluruh utangnya itu.

Jika tidak bisa membayar dalam jangka waktu yang ditentukan, VW sudah memikirkan jalan keluarnya. Skenario terburuknya, VW dikabarkan akan menjual beberapa merek yang ada di bawah naungannya seperti Bentley, Ducati dan Lamborghini.

"Volkswagen Group juga dapat mempertimbangkan divestasi merek mobil mewah Bentley dan Lamborghini, atau merek Ducati. Meski merek-merek ini tidak benar-benar bergerak," ujar salah satu sumber.

Recall besar-besaran ini akan mulai dilakukan VW pada Januari 2016. VW memiliki target dalam satu tahun kedepan, 11 juta unit kendaraan yang bermasalah sudah selesai diperbaiki. (Kompas.com)

Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help