Marquez Juara Dunia

Marc Marquez merebut gelar juara dunia ketiganya dalam ajang MotoGP musim 2016 setelah menang meyakinkan pada GP Jepang di Twin Ring Motegi.

Marquez Juara Dunia
Motorsport.com
Marc Marquez sukses merengkuh gelar juara dunia 2016. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Marc Marquez merebut gelar juara dunia ketiganya dalam ajang MotoGP musim 2016 setelah menang meyakinkan pada GP Jepang di Twin Ring Motegi, Minggu (15/10/2016), di depan pendukung Honda.

Pesaing terdekatnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dari Movistar Yamaha pada balapan ini terjatuh, sehingga secara total poin, si Baby Alien—julukan Marquez—tak bisa dikejar meski balapan menyisakan tiga seri lagi.

Start dari posisi kedua, sejak awal tanda-tanda sukses Marquez sudah bisa dilihat. Dia langsung terlibat persaingan sengit dengan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi pada lap-lap awal. Penampilan agresifnya berlanjut sampai akhirnya merebut tempat pertama saat balapan baru berjalan 4 putaran.

Sejak saat itu, kejutan demi kejutan terjadi. Sementara Marquez melesat jauh meninggalkan sang rival, Valentino Rossi tergelincir saat balapan menyisakan 18 putaran lagi. Ambisi Rossi menambah koleksi gelar juara dunia ke-10 pun pupus.

Lorenzo yang tinggal menjadi satu-satunya harapan penjegal Marquez akhirnya mengalami nasib serupa. Dia pun jatuh dengan kondisi yang mirip dengan Rossi beberapa saat sebelumnya.

Honda pun berpesta di depan pendukungnya sendiri, karena Twin Ring Motegi dikenal sebagai sirkuit milik Honda. Bahkan bos besar Honda Takahiro Hachigo pun menjadi saksi torehan sejarah ini. Apesnya Lorenzo dan Rossi membuat pencapaian juara dunia Marquez tahun ini sedikit lebih mudah dan cepat.

Melengkapi podium, ada Andrea Dovizioso dari Ducati pada posisi kedua dengan beda 2,992 detik, lalu disusul Maverick Vinales yang membalap untuk Suzuki.

Berikut hasil lengkap GP Jepang:

1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 42m 34.610s
2. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 42m 37.602s
3. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 42m 38.714s
4. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 42m 39.336s
5. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 42m 49.659s

Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved