Bandara Soetta Kucurkan Rp 3,7 Triliun Pembebasan Lahan Pembangunan Runway 3

Kami mendengar dan menampung tuntutan dari warga. Baik itu soal pekerjaan dan juga dampak lingkungan sekitar.

Bandara Soetta Kucurkan Rp 3,7 Triliun Pembebasan Lahan Pembangunan Runway 3
Warta Kota/Andika Panduwinata
Management Bandara Soekarno Hatta Tangerang perlahan - lahan berbenah dalam pembangunan. Tak tanggung - tanggung pihak Angkasa Pura (AP) II mengucurkan dana triliunan rupihan terkait pembebasan lahan milik warga yang dijadikan Runway 3 Bandara Soetta. 

WARTA KOTA, TANGERANG - Management Bandara Soekarno Hatta Tangerang perlahan - lahan berbenah dalam pembangunan. Tak tanggung - tanggung pihak Angkasa Pura (AP) II mengucurkan dana triliunan rupihan terkait pembebasan lahan milik warga yang dijadikan Runway 3 Bandara Soetta.

Lambat laun pemukiman masyarakat di sekitar Bandara digerus dalam pembungan proyek - proyek tersebut. Mereka pun harus tergusur setelah mendapatkan ganti rugi dari pihak AP II ini.

"Anggaran yang kami siapkan sekitar Rp. 3,7 triliun untuk pembayaran pembebasan lahan pembangunan Runway 3," ujar Ketua Tim Pembebasan Tanah Bandara Soekarno Hatta, Bambang Sunarso saat ditemui Warta Kota di Kantor Kepala Desa Rawa Rengas, Kosambi, Kabupaten Tangerang pada Jumat (14/10/2016).

Ia beserta jajarannya turut hadir dalam acara sosiliasi pembebasan lahan di Desa Rawa Rengas. Bambang menuturkan hingga saat ini belum ada kendala yang dihadapi dalam proyek tersebut.

"Tidak ada masalah dari masyarakat, petahapan kalau sudah siap penilaian, segera kami bayar," ucapnya.

Ada pun beberapa tuntutan dari warga terkait pembebasan lahan ini. Mereka menuntut agar masyarakat yang dibebaskan lahannya bisa bekerja di Bandara Soetta.

"Kami mendengar dan menampung tuntutan dari warga. Baik itu soal pekerjaan dan juga dampak lingkungan sekitar. Nantinya akan kami jelaskan lagi soal ini," katanya.

Seluas 168 hektar lahan milik warga yang dibebaskan. Ada 134 hektar di wilayah Kabupaten Tangerang dan 34 hektar di Kota Tangerang.

"Kalau di Kota lahan yang dibebaskan daerah Selapajang dan Benda. Sedangkan untuk di Kabupaten di antaranya Desa Bojong Renged, Rawa Burung serta Rawa Rengas," papar Bambang.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved