Pemilukada DKI Jakarta

Survey LSI: Agus Punya Efek Wow

Pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni diprediksi akan menjadi kuda hitam dalam perhelatan pilkada DKI Februari 2017 mendatang.

Survey LSI: Agus Punya Efek Wow
Jessi Carina
Bakal calon gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono dan Wali Kota Bogor Bima Arya ketika mengikuti lomba lari di kawasan Senayan, Minggu (2/10/2016). 

WARTA KOTA, RAWAMANGUN -- Pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni diprediksi akan menjadi kuda hitam dalam perhelatan pilkada DKI Februari 2017 mendatang.

Hal ini terlihat dari hasil survey yang dirilis LSI Selasa, 4 September 2016. Survey yang dilakukan 28 September-2 Oktober 2016, elektabilitas Agus mencapai 19,3 persen.

Sementara Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Purnama memiliki elektabilitas 31 persen dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebesar 21,1 persen.

"Dilihat dari posisinya, pasangan Agus-Sylvi memang terbawah. Tapi dilihat angkanya, pasangan ini membuat kejutan luar biasa karena belum lama muncul tapi elektabilitasnya langsung meroket," kata peneliti LSI Peneliti LSI Adjie Alfaraby saat merilis hasil survey di kantor LSI Rawamangun.

Kemunculan sosok Agus kata Adji langsung mendapat perhatian publik.

"Dia ini bisa jadi kuda hitam karena sosoknya yang Wow. Beberapa faktor mungkin bisa jadi sebab meroketnya elektabilitas Agus, karena masih fresh, ketampanan dan pengaruh figur ayahnya, SBY," jelasnya.

Dalam survey itu, Agus-Sylvi bahkan bisa mengalahkan dua pasangan calon lain pada segmen pemilih pemula.

Disebutkan, Agus-Sylvi meraih 33,8 persen dukungan pemilih pemula usia 19 tahun atau di bawahnya. Sedangkan pasangan Ahok-Djarot hanya mendulang 27,8 persen, di bawah pasangan Anies-Uno yang mendapat dukungan 30,8 persen.

Di segmen pendapatan, Agus-Sylvi juga menang dengan mendapatkan dukungan pemilih wong cilik atau pemilih berpendapatan rendah sebanyak 21,9 persen.

Sedangkan di segmen sama, Ahok-Djarot menang di kalangan masyarakat penghasilan Rp3,5 juta atau lebih dengan mendulang 33,9 persen.

Sementara itu, di segmen pemiilih berdasarkan tingkat pendidikan, Anies-Uno unggul di segmen pemilih dengan latar pendidikan kuliah atau di atasnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved