Demo Buruh

Sejumlah Titik Rawan Demo Buruh di Tangerang

Sejumlah lokasi di Tangerang rawan dilanda demo buruh hari ini.

Sejumlah Titik Rawan Demo Buruh di Tangerang
Buruh berdemo di depan Balai Kota. Lalu lintas di sekitar kawasan itu macet parah. 

WARTA KOTA, TANGERANG-Ribuan para buruh menggelar aksi demo dalam skala besar pada Kamis (29/9/2016). Mereka pun kompak turun ke jalan guna menyuarakan aspirasinya itu. Sebanyak 1.000 personel kepolisian yang tergabung dalam jajaran Polres Metro Tangerang, Polresta Tangerang serta BKO dari Polda Banten siap mengamankan aksi buruh yang akan berlangsung hari ini. Aparat juga bersiaga untuk mengawal para buruh agar demo berlangsung lancar serta kondusif.

"Pengamanan akan dilakukan di tiap titik rawan seperti kawasan Industri Manis Jatake, akses jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta, gerbang tol Karang Tengah dan Kebon Nanas serta Rest Area tol Karang Tengah," ujar Kapolrestro Tangerang, Kombes Irman Sugema pada Kamis (29/9/2016).

Irman menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan para seluruh jajaran Polsek untuk melakukan pengaman di titik yang dianggap rawan agar tidak terjadi sweaping, dan juga harus terus melaporkan perkembangan yang ada di lapangan.

Sementara itu untuk pengamanan di wilayah Kabupaten Tangerang, Kapolresta Tangerang Kombes Asep Edi Suheri menjelaskan bahwa petugas kepolisian akan melakukan pejagaan ketat di tiga titik, yaitu pintu tol Balaraja Timur, Tol Kedaton Cikupa dan Balaraja Barat.

“Kami akan mengerahkan sedikitnya 700 personil kepolisian yang juga dibantu oleh Polda Banten, selain itu melakukan pengawalan dan penempatan dua personil di dalam tiap bus yang akan mengantar buruh melakukan aspirasinya di Jakarta," ucap Asep.

Ia mengatakan selain itu pengawalan juga akan dilakukan secara melekat terhadap para buruh saat berangkat ke Jakarta sampai kembali lagi ke Tangerang. Jika ada buruh yang melanggar kesepakatan untuk melakukan aksi damai, maka akan di proses secara hukum.

“Pihak buruh dan petugas kepolisian sudah melakukan kesepakatan untuk aksi damai dengan tidak melakukan blokir jalan serta aksi sweaping di kawasan pabrik. Kami juga menyarankan agar para perwakilan buruh saja yang berangkat ke Jakarta," paparnya.

Asep mengimbau agar aksi ini tidak mengganggku aktifitas masyarakat umum lainnya. Akibat adanya demo tersebut, di sejumlah jalan protokol di Tangerang memang mengalami kemacetan.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved