Kadin Bimasda Depok: Kabel Optik Telkom Kegaruk Ekskavator Kami

Kepala Bimasda Depok mengatakan, ledakan dan semburan api di depan Detos Kamis (29/9/2016) pagi, disebabkan pengerjaan proyek drainase.

Kadin Bimasda Depok: Kabel Optik Telkom Kegaruk Ekskavator Kami
Wartakotalive.com/Budi Samlaw Malau
Semburan api dan ledakan di drainase Jalan Margonda depan Detos, Kamis (29/9/2016). 

WARTA KOTA, DEPOK - Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok Manto mengakui bahwa ledakan dan semburan api di depan pusat perbelanjaan Depok Town Square (Detos) di Jalan Margonda, Kamis (29/9/2016) pagi, disebabkan pengerjaan proyek drainase yang dilakukan pihaknya.

Menurutnya sebelumnya dari Rabu malam sampai Kamis dinihari pukul 04. 30, pihaknya telah melakukan pembongkaran sebagian aspal di sepanjang Jalan Margonda di depan Detos.

Saat itulah katanya diduga kabel fiber optik Telkom di depan Detos, terkena ekskavator penghancur aspal pihakya sehingga putus dan terjadilah korsleting dan semburan api, pagi harinya.

"Diduga korsletingnya karena kabel serat optik milik Telkom itu sempat terkena dan kegaruk eskavator kami,” kata Manto, Kamis (29/9/2016).‬

Ia mengatakan kabel serat optik Telkom memiliki kandungan gas yang diduga mudah panas dan menimbulkan percikan api.

"Jadi karena terkena ekskavator kami, maka terjadi semburan api. Karena kabel mengandung gas, sehingga panas. Lalu karena ada tekanan timbul percikan api," katanya.

Manto menjelaskan pihak Telkom telah menindaklanjuti hal ini dan memperbaiki kabel optilk yang rusak di sana.

Menurut Manto, kabel fiber optik biasanya 1 meter di bawah tanah. Namun kabel optik milik Telkom di depan Detos ini hanya 20 cm di bawah tanah.

"Jadi kami garuk aspal, kabelnya kena juga karena cuma 20 cm," kata Manto.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved