Home »

News

» Jakarta

Musim Hujan, Warga Baru Kampung Apung Berbenah

Mereka meninggikan rumahnya dan membuat bangunan loteng, agar bisa menyelamatkan barang-barangnya saat banjir datang.

Musim Hujan, Warga Baru Kampung Apung Berbenah
Warta Kota/Theo Yonathan Simon Laturiuw
warga kampung apung berbenah sebelum banjir tiba 

WARTA KOTA, KALIDERES - Warga baru Kampung Apung, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, mulai berbenah memasuki musim hujan ini.

Mereka meninggikan rumahnya dan membuat bangunan loteng, agar bisa menyelamatkan barang-barangnya saat banjir datang.

Oki Kartikawati (21), salah satu warga setempat yang baru memilki rumah di Kampung Apung, kini tengah meninggikan rumahnya.

Tadinya Oki tinggal bersama orangtuanya di rumah yang sudah anti banjir. Tapi setelah menikah dan memiliki anak, dia dan suaminya pindah ke sebuah lahan bekas rumah di sebelahnya.

Semenjak mulai sering hujan, dia dan suaminya menguras tabungan. Membuat tiang pancang tinggi sampai 1 meter dari batas air.

Lalu Oki membeli triplek dan kayu-kayu penyangga untuk membuat lantai 2 di rumahnya.

Dalam 1 bulan ini rumah itu selesai dibangun. Dindingnya berupa triplek tipis dan dibiarkan tak dicat. Biaya makin tipis. Tapi sore tadi Oki sudab tidur-tiduran di rumahnya dengan.

Sementara itu, warga pendatang lainnya, Agus (50), memilih meninggikan rumahnya dan membangunnya dengan beton. Dia meninggikan rumahnya sampai sekitar 1,5 meter di atas permukaan air.

Rumah itu dibangun dengan dinding beton dan tulang-tulang bangunan yang tebal. Catnya dibuat apik dengan campuran warna coklat dan putih.

Sementara itu, warga lainnya seperti Susnadi (52) yang sudah lama tinggal disana, mengaku sudah hafal dengan banjir di kampungnya.

Halaman
123
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help