Hati-hati, Wanita yang Kurang Tidur Malam, Cepat Tua

Perempuan yang kurang tidur malam lebih aktif memroduksi hormon kortisol dan hal ini tidak baik untuk kecantikan kulit.

Hati-hati, Wanita yang Kurang Tidur Malam, Cepat Tua
Tribunnews
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Tak hanya membuat pola hidup tak teratur, kurang tidur malam juga disebut membuat seorang perempuan menjadi lebih cepat “tua” dari seharusnya.

Perempuan yang kurang tidur malam lebih aktif memroduksi hormon kortisol dan hal ini tidak baik untuk kecantikan kulit.

Level hormon kortisol yang terlalu tinggi membuat kulit kekurangan kolagen, protein utama yang menjadikan kulit awet muda dan segar. Selain itu, kortisol yang tinggi menyebabkan kulit kehilangan elastisitas yang menghasilkan pesona muda untuk wanita.

“Kondisi ini berujung pada penuaan dini kulit wajah,” jelas Debra Jaliman, dermatolog yang berbasis di New York, AS, dan penulis buku Skin Rules.

Tak hanya itu, kurang tidur malam juga membuat tubuh sulit memproduksi hormon pertumbuhan yang menstimulasi pembuatan sel untuk regenerasi kulit. Menurut Jaliman, tanpa waktu yang tepat untuk memproduksi sel kulit yang baru dan memperbaiki kerusakan kulit hari kemarin, maka akan timbul keriput, kulit menurun, serta kusam.

Pertumbuhan prematur kolagen pada kulit menyebabkan penuaan dini. Solusinya, kita bisa mengaplikasikan krim kulit yang mengandung retinol tinggi untuk merangsang produksi kolagen yang sehat dan kaya manfaat untuk kulit wajah serta tubuh kita.

Tak hanya bagi perempuan, kurang tidur malam pada dasarnya tidak baik untuk semua manusia, termasuk para lelaki.

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help