Tip Kesehatan

Waspadai Radang Hati karena Virus

Saat ini, 1 dari 12 penduduk dunia mengalami hepatitis B atau hepatitis C.

Waspadai Radang Hati karena Virus
Warta Kota
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Saat ini, 1 dari 12 penduduk dunia mengalami hepatitis B atau hepatitis C.

Penyakit ini menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit kronis dan kematian lebih parah dari TBC, HIV, atau malaria.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ari Fahrial Syam mengingatkan, masyarakat harus selalu diingatkan bahaya infeksi virus hepatitis ini.

“Saya melihat masyarakat kurang peduli terhadap penyakit hepatitis, masyarakat lebih waspada terhadap kanker atau sakit jantung, padahal penyakit infeksi hepatitis virus cukup tinggi di masyakat kita,” kata Dokter Ari kepada Warta Kota belum lama ini.

Ia menjelaskan, ada beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan radang hati atau hepatitis. Adapun virus hepatitis yang ada antara lain hepatitis virus A, B, C, D, dan E. Terakhir juga dilaporkan ditemukannya virus hepatitis G.

Dari virus hepatitis yang ada ini, virus hepatitis B dan C merupakan dua virus yang bisa menyebabakan penderitanya mengalami hepatitis kronis, berlanjut menjadi sirosis hati, bahkan sampai kanker hati. Sehingga menyebabkan terjadinya kematian seperti yang terjadi pada almarhum tokoh nasional Adi Sasono.

Pasien dengan hepatitis B atau hepatitis C kronis biasanya tidak mengalami gejala akut (spontan). Pasien seringkali tidak menyadari bahwa dalam dirinya terdapat infeksi hepatitis B atau C.

Perlahan tapi pasti pasien yang sudah terkena infeksi virus hepatitis mengalami kerusakan pada hatinya sampai terjadi penciutan hati atau sirosis hati.

Perjalanan mulai dari infeksi virus sampai sirosis hati bisa berlangsung selama 5 tahun.

Kondisi liver yang sudah mengalami sirosis dengan jumlah virus dalam tubuh yang masih tinggi akan menyebabkan sebagian liver akan berubah menjadi ganas dan terjadi kanker hati.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved