Home »

News

» Jakarta

Jakarta Banjir

Penyebab Kemang Banjir karena Saluran Tersumbat Sampah

Penyebab Kemang selalu tergenang ternyata di dalam saluran air yang menuju kolam olakan pompa tersendat.

Penyebab Kemang Banjir karena Saluran Tersumbat Sampah
Warta Kota/Bintang Pradewo
Sampah yang terhambat saringan di bawah crossing Jalan Kemang Raya membuat genangan terus terjadi. 

WARTA KOTA, MAMPANG -- Genangan setinggi 50-60 centimter di Jalan Kemang Raya, Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (8/9) malam saat hujan deras dikarenakan sampah yang menumpuk di saluran.

Oleh sebab itu, pengurasan saluran terus dilakukan Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan.

Beberapa petugas Sudin Tata Air Jakarta Selatan terlihat menguras saluran di depan Kemcik atau Kemang Square.

Petugas Sudin Tata Air Jakarta Selatan terlihat menguras saluran di depan Kemcik atau Kemang Square.(Foto: Warta Kota/Bintang Pradewo)

Menurut Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan, Holi Susanto mengatakan pihaknya sudah mengetahui penyebab dari banjir yang melanda kawasan tersebut.

"Ini penyakitnya baru ditemukan. Penyebab Kemang selalu tergenang padahal tali air yang banyak dan lebar ternyata di dalam saluran air yang menuju kolam olakan pompa tersendat. Hal ini dikarenakan ditemukan oleh Satgas kami saringan sampah sehingga air terbendung dan antri serta pompa berjalan tidak maksimal," kata Holi, Kamis (8/9).

Dia berharap dengan diangkutnya sampah itu, maka air bisa mengalir dengan baik. Jadi, genangan bisa teratasi.

"Semoga stelah saringan filter ini diangkat air cepat lari ke kolam pompa sehingga cepat disedot," tutur dia.

Menurutnya, sampah yang terhambat saringan di bawah crossing Jalan Kemang Raya membuat genangan terus terjadi. Apalagi, hujan terlalu deras. "Saat hujan nanti progress genangan dapat terlihat," ucapnya.

Drainase tertutup

Sementara itu, Kepala Seksi Pemeliharaan Sistem Pengendali Banjir,Dinas Tata Air DKI Jakarta, Yudo Widiatmoko mengatakan sumber genangan selain akibat intensitas hujan yang sangat lebat dalam waktu singkat, juga karena drainase di sepanjang jalan Kemang Raya ditutup pemilik lahan.

"Penyebabnya drainase banyak yang ditutup dan tertutup sampah, sehingga air tak dapat turun ke gorong-gorong. Pompa kita bagus, bak penampungan kosong karena airnya tak masuk ke penampungan," ujar Yudo Widiatmoko.

Sementara itu, saat ini puluhan petugas Dinas Tata Air DKI Jakarta tampak membersihkan pintu air dan membersihkan lobang saluran air yang tersumbat.

Petugas membersihkan sampah di gorong-gorong serta memperlancar saluran air dan hasilonya dalam waktu singkat, genangan di jalan Taman Kemang dan Kemang Raya langsung surut, arus lalu lintas yang sebelumnya mengalami kemacetan koini kembali lancar khususnya dari arah jalan Prapanca menuju Kemang Raya dan sebaliknya.(bin)

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help