Setelah Dikeruk Kedalaman Kali Grogol Menjadi 2 Meter

Selama hampir dua minggu pengerukan dikerjakan di Kali Grogol atau tepatnya di belakang Mall Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Setelah Dikeruk Kedalaman Kali Grogol Menjadi 2 Meter
Warta Kota/Bintang Pradewo
Sebuah mini eskavator berwarna biru diterjunkan untuk melakukan pengerukan Kali Grogol,Senin (22/8). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA -- Selama hampir dua minggu pengerukan dikerjakan di Kali Grogol atau tepatnya di belakang Mall Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Endapan lumpur yang sudah puluhan tahun disana sudah mulai dikeruk dengan menggunakan alat berat.

Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan, Holi Susanto mengatakan seringnya terjadi genangan di Jalan Sultan Iskandar Muda depan Gandaria City saat musim hujan membuat masyarakat komplain melalui aplikasi Qlue.

Menindaklanjuti pengaduan masyarakat tersebut, kata dia, Sudin Tata Air Jakarta Selatan melakukan pengerukan Kali Grogol yang berlokasi di belakang kampus USNI, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama Jakarta Selatan.

"Kondisi existing kali yang dikeruk lebarnya bervariasi dari 3-4 meter dengan panjang sekitar 1 kilometer dari jembatan Velbak hingga belakang Gandaria City," ujarnya, Selasa (6/9).

Menurutnya, terjadinya genangan setiap musim hujan karena sudah lama tidak dikeruk hingga menyebabkan daya tampung debit Kali Grogol terbatas. Sehingga perlu juga adanya pengurasan saluran penghubung yang mengarah ke Kali Grogol untuk memeperlancar air masuk kali.

"Kondisi awal kedalaman kali hanya 30-50 Cm kini kita keruk jadi 1,5-2 meter," terangnya.

Satgas Dinas Tata Air Kecamatan Kebayoran Lama melakukan pengerukan dengan menggunakan 1 unit escavator pc 75 dan 4 unit dumptruck untuk angkut lumpur. Pengerjaan ini ditargetkan dalam waktu 1 bulan selesai.(bin)

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help