Banjir di DKI Jakarta

Setelah Kemang dan Mobil-mobil Tenggelam, Empat Alat Berat Mulai Keruk Kali Krukut

Empat alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta dikerahkan untuk pengerukan Kali Krukut di Jalan Taman Kemang 1.

Setelah Kemang dan Mobil-mobil Tenggelam, Empat Alat Berat Mulai Keruk Kali Krukut
Kompas.com
Suasana kala terjadi genangan di kawasan Kemang. 

WARTA KOTA, KEMANG -- Empat alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta dikerahkan untuk pengerukan Kali Krukut di Jalan Taman Kemang 1, Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2016).

Pengerukan itu dilakukan karena Kali Krukut selama puluhan tahun belum pernah dikerjakan.

Empat alat berat yang terdiri dari 2 eskavator amphibi, 1 Beco dan 1 crane tadano tersebut didatangkan ke lokasi sejak subuh pagi tadi untuk menghindari kemacetan.

Sambil melakukan proses pengerukan dan pembersihan sampah di sekitar Kali Krukut agar tidak mengganggu pengerukan, pemasangan bronjong tetap dilanjutkan.

Sekitar 10 meter bronjong baru terpasang dengan ketinggian sekitar setengah meter untuk menggantikan tembok yang roboh saat banjir Sabtu lalu.

Sedangkan lima truk pengangkut sampah milik Dinas Tata Air disiagakan di lokasi untuk mengangkut material sampah dari Kali Krukut.

"Crane kita gunakan untuk mengangkat dua amphibi ke kali agar tidak merusak bronjong yang sudah kita pasang, setelah itu baru mulai pengerukan," ucap Torkis Tambunan, Kasie Dinas Tata Air Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan di lokasi, Rabu (31/8/2016).

Sementara itu, Camat Kecamatan Mampang Prapatan, Asril Rizal mengatakan, agar bebas banjir, pengerukan harus dilakukan di sepanjang bantaran dan pendalaman Kali Krukut.

Karena, akibat pendangkalan kali, disepanjang bantaran Kali Krukut merupakan titik rawan banjir terutama yang berada di cekungan.

"Seluruh kali di Mampang ini harus dikeruk dan dinormalisasi, dikembalikan fungsinya sebagai kali saja. Kalau kali sesuai fungsinya, Mampang aman dari banjir," kata Rizal.

Sementara itu dari tiga titik tembok jebol penyebab banjir Kemang, jakarta Selatan masing-masing di Jalan Kemang Selatan 10, Kompleks Kemang Jaya RT07/02, dan Jalan Taman Kemang 1 RT 14/01, baru di Taman Kemang yang dapat dikeruk karena aksesnya lebih mudah dibanding dua lokasi lainnya.

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help