Komunitas

Gerakan Seribu Rupiah Ini untuk Wujudkan Rumah AMPJT di Jakarta

AMPJT adalah wadah yang memayungi perkumpulan/paguyuban anak-anak muda dari 35 Kabupaten/Kota se -Jawa Tengah di Jabodetabek.

Gerakan Seribu Rupiah Ini untuk Wujudkan Rumah AMPJT di Jakarta
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Para pembina Angkatan Muda Perantauan Jawa Tengah (AMPJT) dalam acara Halal Bihalal AMPJT 2016 di Gedung Aula Kantor Kementerian Desa dan Transmigrasi , Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2016) lalu. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Guna merekatkan tali silaturahmi sesama kawula muda asal Jawa Tengah di Jabodetabek, Angkatan Muda Perantauan Jawa Tengah (AMPJT) menggelar acara 'Halal Bihalal AMPJT 2016' di Gedung Aula Kantor Kementerian Desa dan Transmigrasi , Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (21/8) lalu.

AMPJT adalah wadah yang memayungi perkumpulan/paguyuban anak-anak muda dari 35 Kabupaten/Kota se -Jawa Tengah di Jabodetabek.

Antara lain; Komunitas Perantau Boyolali (Koperboy), Paguyuban Demak Jabodetabek, Paguyuban Kerabat Kendal (Pakken), Cah Purworejo Perantauan (CPP) Kumpulan Tiyang Jeporo (KTJ), Paguyuban Perantau Purbalingga (PPP), Kumpulan Wong Sragen (KWS), Anak Rantau Magelang Damai (Armada), Ikatan Keluarga Wonosobo Jabodetabek, Suara Rakyat Wonogiri (SRW), dan Forum Ikatan Kadang Temanggung (FIKT).

Ketua Umum AMPJT, Nagus Muhammad menjelaskan, sebagai wadah sosial AMPJT terus meningkatkan tali silaturahmi sesama Pemuda asal Jawa Tengah, untuk saling membantu saling mendukung dan saling melengkapi satu sama lain dengan pendekatan budaya Jawa.

"Selama ini AMPJT senantiasa membantu kegiatan-kegiatan internal maupun eksternal, seperti kegiatan di beberapa kementerian maupun Pemprov Jawa Tengah seperti kegiatan Mudik gratis bersama Gubernur Jawa Tengah maupun kegiatan pergelaran kesenian di Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII)," kata Nagus kepada Warta Kota di sela-sela acara.

Selain itu, lanjut Nagus, dibidang ekonomi, AMPJT juga terus menggelar pelatihan kewirausahaan bagi anggota serta ketrampilan lain, dengan melibatkan pengusaha-pengusaha asal Jawa Tengah yang sudah sukses di Jakarta ini.

"Ini (menggelar pelatihan kewirausahaan) merupakan salah satu bentuk kontribusi AMPJT kepada anggota," terangnya.

Dalam acara halal bihalal hari itu, salah program yang digaungkan dan akan digiatkan adalah 'Gerakan Amal seribu rupiah (Gasebu)'. Program itu, untuk mewujudkan sarana aktivitas mereka berupa rumah AMPJT dengan sebutan AMPJT Center.

"Kita ingin saweran mewujudkan Rumah AMPJT tersebut melalui gerakan amal seribu rupiah. Nanti kita juga akan kerjasama dengan seluruh paguyuban Jateng untuk meningkatkan gerakan ini, bahkan akan kita buka rekening bagi donatur," kata Nagus.

Lesna, Presiden Suara Rakyat Wonogiri (SRW) menambahkan, semoga denga adanya gerakan ini menumbuhkan rasa solidaritas teman-teman perantau dari Jawa Tengah akan sebuah kebersamaan membangun ekonomi perantau muda Jawa Tengah di Jabodetabek.

Halaman
12
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help