Musim Haji 2016

Pertama Kalinya, Arab Saudi Keluarkan Gelang Identitas Elektronik Jemaah Haji

Pemerintah Arab Saudi mewajibkan jemaah haji dari seluruh dunia pada musim haji 1437 Hijriah ini untuk mengenakan gelang identitas elektronik.

Pertama Kalinya, Arab Saudi Keluarkan Gelang Identitas Elektronik Jemaah Haji
kemenag.go.id
Lautan manusia memenuhi tenda-tenda dan ruas jalan di Mina untuk Mabit menunggu waktu yang tepat untuk melaksanakan lontar Jumroh (Ula, Wustha dan Aqobah) 

WARTA KOTA, MEKAH - Pemerintah Arab Saudi mewajibkan haji'>jemaah haji dari seluruh dunia pada musim haji 1437 Hijriah ini untuk mengenakan gelang identitas elektronik yang dikeluarkan mereka.

Semata-mata demi alasan keamanan dan keselamatan haji'>jemaah haji.

Gelang elektronik berwarna putih itu baru diperkenalkan tahun ini setelah terjadi insiden berdesak-desakan dalam prosesi lempar jumroh tahun lalu yang mencatat korban ratusan jemaah dari berbagai negara.

Indonesia sangat berkepentingan dalam hal ini karena kontingen haji'>jemaah haji Indonesia jumlahnya sangat banyak.

Kepala Daerah Kerja Mekkah, Arsyad Hidayat, di Mekkah, Sabtu (27/8/2016), menjelaskan, gelang itu memiliki sejumlah keistimewaan, antara lain dapat mempercepat identifikasi haji'>jemaah haji, yang dapat dibaca dan diakses pihak berwenang secara elektronik, serta meningkatkan kinerja pelayanan.

"Gelang itu juga untuk penerapan keterbukaan dan transparansi informasi," katanya.

Sementara itu laporan sejumlah media menyebutkan, gelang itu akan berisi informasi pribadi dan kesehatan jemaah yang dapat mempercepat pelayanan terhadap jamaah.

Gelang yang antiair itu juga disebutkan terhubung dengan GPS sehingga mempermudah pelacakan jemaah tersesat.

Saat penyambutan jemaah yang datang dari Jeddah di Mekkah, seturut Antara, gelang itu dibagikan petugas maktab (pemondokan).

Di gelang tersebut tercantum nama, nomor paspor dan maktab jemaah.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved