Semester Pertama, Penerimaan PBB P2 Jakpus Capai Rp 657,29 Miliar

Pengampuan pajak atau tax amnesty yang disampaikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk meningkatkan penerimaan pajak terbukti ampuh.

Semester Pertama, Penerimaan PBB P2 Jakpus Capai Rp 657,29 Miliar
Warta Kota/Dwi Rizki
Para wajib pajak membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada Kamis (25/8/2016). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Pengampuan pajak atau tax amnesty yang disampaikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk meningkatkan penerimaan pajak terbukti ampuh.

Pasalnya, belum lama program tersebut disampaikan, jumlah pendapatan pajak daerah, khususnya Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) wilayah Kotamadya Jakarta Pusat meningkat drastis, yakni mencapai Rp 657,29 miliar pada awal semester kedua tahun 2016.

Besarnya animo masyarakat tersebut diyakini Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede dapat melampaui target penerimaan PBB P2 tahun 2016 yakni sebesar Rp 1,187 triliun.

Sebab, penerimaan PBB P2 semester pertama hingga Rabu (24/8/2016) kemarin mencapai Rp 657,29 miliar atau 55,4 persen, atau lebih besar sekitar 15 persen dari target pencapaian semester pertama yang ditentukan sebelumnya.

"Target PBB P2 di semester pertama sekitar 40 persen dari total target penerimaan tahun pajak 2016. Karena itu saya optimis kalau penerimaan pajak tahun ini akan tercapai, apalagi didukung oleh program tax amnesty dari pemerintah pusat," ungkapnya dalam pembukaan pekan panutan PBB P2 di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada Kamis (25/8/2016).

Tercapainya penerimaan pajak tersebut diungkapkannya sangat baik, mengingat PBB P2 merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar.

Pajak tersebut pun nantinya dapat digunakan untuk pembangunan dan kepentingan masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan lainnya.

"Kini masyarakat semakin sadar dan patuh atas pajak terutangnya, karena lewat pajak pembangunan dapat dilakukan. Jadi bayarlah segera pajak anda, apalagi sekarang ada keringanan pajak," tutupnya.

Dua jam

Ditemui bersamaan, Kasudin Pelayanan Pajak Jakarta Pusat, Wiranada menyampaikan hal serupa.

Menurutnya, lewat pekan panutan pajak yang disosialisasikan oleh pejabat wilayah seperti camat dan lurah, target penerimaan PBB P2 tahun 2016 dapat tercapai.

Hal tersebut dibuktikannya lewat pelaksanaan pekan panutan pembayaran PBB P2 yang diikuti oleh sebanyak 300 wajib pajak perorangan dan pengusaha, hanya dalam waktu dua jam, yakni mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, pihaknya berhasil menghimpun PBB P2 hingga sebesar Rp 33.65 miliar dari 66 wajib pajak.

"Diharapkan dengan adanya pekan panutan PBB P2, target penerimaan pajak tercapai. Kalau dilihat dari tanggapan wajib pajak yang baik, saya yakin perolehan PBB P2 Jakarta Pusat akan meningkat secara signitifikan hingga pekan panutan PBB P2 ini ditutup minggu depan," tutupnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help