Wajib Pajak Perlu Waktu Menyiapkan Berkas Untuk Tax Amnesty

Ditjen Pajak mengungkapkan, para wajib pajak memerlukan waktu mempersiapkan diri untuk memproses kabijakan tax amnesty.

WARTA KOTA, PALMERAH-Hestu Yoga Saksama, Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak membantah lambatnya perolehan Tax Amnesty seperti diungkapkan Ketua DPR Ade Komarudin dalam kunjungannya ke redaksi Warta Kota, Senin (22/8/2016).

"Kami menganalisa, sebenarnya nggak lambat karena wajib pajak perlu menyiapkan diri. Dari minggu ke minggu, akselerasi wajib pajak itu ada, jumlahnya selalu meningkat," tutur Hestu menjawab Warta Kota.

Hingga pekan ketiga Agustus 2016, terang Hestu, jumlah uang tebusan yang masuk ke kas negara mencapai Rp857 miliar. Daerah terbanyak yang pengumpulan tax amnesty terbanyak tetap dari DKI Jakarta, namun Hestu tidak hafal angka real-nya.

Jumlah wajib pajak yang memanfaatkan kebijakan tax amnesty juga terus bertambah tiap pekannya. Hestu merinci, pada dua pekan bulan Juli 2016, tercatat 344 wajib pajak. Pekan pertama Agustus 2016 jumlahnya melonjak menjadi 951 wajib pajak. Berikutnya, pada pekan kedua Agustus 2016 meroket menjadi 2.344 wajib pajak, dan pada pekan ketiga Agustus 2016 tercatat 3.257 wajib pajak. Angka tersebut bukan akumulasi, tapi angka wajib pajak yang memanfaatkan kebijakan tax amnesty dalam hitungan per pekan.

Ditjen Pajak memprediksi, dalam pekan-pekan ke depan jumlah wajib pajak akan terus meningkat, dan puncaknya sampai akhir September. Para wajib pajak itu masih membutuhkan penjelasan teknis sesuai kondisi mereka.

"Antusiasme wajib pajak makin tinggi, tiap hari kami terima 1.400-an telepon dari wajib yang menanyakan teknis pengurusan tax amnesty ini. Mereka sudah berniat, tapi ada yang harus kami bantu, bagaimana mengisi formulir, berapa taksiran pajaknya," imbuh Hestu.

Padahal, daftar tanya jawab (FAQ) sudah terpampang jelas di situs Ditjen Pajak. Kantor Pajak juga buka setiap hari untuk melayani pertanyaan wajib pajak, termasuk buka hari Sabtu dan Minggu. Hari Sabtu, Kantor Pajak buka antara pukul 08.00-14.00, sementara hari Minggu buka pukul 08.00-12.00.

Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved