Jakarta Banjir

Cegah Genangan, Kali Grogol Mulai Dikeruk

Sebuah mini eskavator berwarna biru diterjunkan untuk melakukan pengerukan. Pasalnya, upaya normalisasi Kali Grogol belum dilaksanakan.

Cegah Genangan, Kali Grogol Mulai Dikeruk
Warta Kota/Bintang Pradewo
Sebuah mini eskavator berwarna biru diterjunkan untuk melakukan pengerukan Kali Grogol,Senin (22/8). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA -- Untuk mengantisipasi genangan yang kerap terjadi saat hujan tiba di depan Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, membuat jajaran Suku Dinas Tata Air Kecamatan Kebayoran Lama, mengeruk Kali Grogol.

Karena sedimen di Kali sepanjang 2 kilometer jarang dikeruk.

Sebuah mini eskavator berwarna biru diterjunkan untuk melakukan pengerukan. Pasalnya, upaya normalisasi Kali Grogol belum dilaksanakan. Karena pembebasan lahan belum dilaksanakan.

Alhasil, karena belum adanya pengerukan dan normalisasi Kali Grogol membuat genangan setinggi 50 centimeter terjadi, Jumat (19/8) melanda kawasan itu.

Selain melakukan pengerukan Kali Grogol, puluhan bangunan liar di sepanjang kali itu ikut dibongkar.

"Kami melakukan upaya pengerukan Kali Grogol untuk mengantisipasi genangan yang terjadi pada saat hujan deras tiba," ucap Endang Effendi, Wakil Camat Kebayoran Lama, Senin (22/8).

Dia mengatakan bahwa genangan yang terjadi selama ini penyempetin kali di belakang Universitas Satya Negara Indonesia (USNI). Sehingga, air meluber hingga ke Jalan Iskandar Muda.

"Kali Grogol baru pertama kali dikeruk dengan alat berat. Sebelumnya kami maksimalkan dengan cara kerja bakti bersama warga," ucapnya.

Saat ini, beberapa ton sedimen dari Kali Grogol berhasil dikeruk. Belasan petugas gabungan seperti PPSU Kelurahan Kebayoran Lama Utara dan Sudin Tata Air Kebayoran Lama terus membantu membersihkan kali.

"Saat ini sudah 2 truk sedimen yang berhasil diangkut. Diperkirakan bisa mencapai 5 truk," ungkapnya.

Upaya pengerukan Kali Grogol akan terus dilakukan dalam beberapa hari kedepan. Diharapkan genangan di depan Mal Gandaria City sudah tidak ada lagi.(bin)

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved