WartaKota/
Home »

News

Tip Kesehatan

Berikut 4 Alasan yang Bikin Anak Nangis Sendiri sebelum Tidur Malam

Jangan sepelekan kondisi psikologis anak yang terjadi karena perilaku dan kebiasaan orangtua yang buruk.

Berikut 4 Alasan yang Bikin Anak Nangis Sendiri sebelum Tidur Malam
Kompas.com
Ilustrasi anak menangis. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Jangan sepelekan kondisi psikologis anak yang terjadi karena perilaku dan kebiasaan orangtua yang buruk.

Anda mungkin merasa anak masih kecil, masih memiliki banyak waktu untuk memperbaiki segala kekurangan di masa kecil. Pemikiran itu tentu saja salah.

Sebab, anak-anak memiliki hati yang murni dan sangat peka dengan apa yang terjadi di sekitar mereka.

Oleh karena itu, orangtua harus mengupayakan agar anak-anak melihat, mendengar, dan merasakan yang baik-baik di sekeliling mereka.

Menurut pakar pernikahan dan terapi keluarga, Gary Lundberg, dan penulis buku pola asuh, Joy Lundberg, berikut empat alasan yang membuat anak menangis sendiri sebelum tidur malam:

Membiarkan anak stres karena banyak nonton berita
Anak-anak belum memiliki kemampuan ideal dalam menyerap dan mengolah informasi yang mereka lihat atau tonton pada program berita di televisi.

Terlalu sering melihat dan menonton berita soal kejahatan, kesedihan, dan tragedi, membangun stres dalam pikiran anak, sehingga mereka menanggapinya dengan tangisan yang disembunyikan sebelum tidur malam.

Seorang psikolog dalam sebuah acara bincang-bincang televisi pernah mengatakan bahwa sewaktu terjadi peristiwa teroris yang menyerang World Trade Centre tahun 2001 silam, di mana berita itu terus di ulang-ulang setiap hari.

Ternyata, anak yang secara tidak sengaja melihat atau memang sengaja menonton televisi dan melihat berita tersebut, mereka mengira peristiwa naas itu terjadi berulang-ulang pada hari yang berbeda.

Alhasil, jumlah anak stres di Amerika Serikat pasca kejadian tersebut meningkat pesat.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help