34 WNA Terjaring Operasi Biduk di Jakarta Pusat

Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat bersama Kelurahan Petamburan, kepolisian, dan Dinas Dukcapil DKI menggelar operasi Pembinaan Kependudukan.

34 WNA Terjaring Operasi Biduk di Jakarta Pusat
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ilustrasi : Petugas Gabungan Melakukan Pendataan saat Operasi Biduk yang Digelar di Apartemen Gading Icon 

WARTA KOTA, TANAH ABANG - Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat bersama Kelurahan Petamburan, kepolisian, dan Dinas Dukcapil DKI Jakarta menggelar operasi Pembinaan Kependudukan (Biduk) pada Sabtu (6/8/2016) dini hari.

Hasilnya puluhan Warga Negara Asing (WNA) terjaring dalam razia ini.

Operasi tersebut bertujuan untuk mendata setiap Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang berada di kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, khususnya kelurahan pertamburan RW 4 dan RW 5 serta rusunami Pertamburan. Di kawasan tersebut memang terkenal dengan banyaknya keberadaan orang asing.

"Hasil dari operasi tersebut terjaring 34 WNA, setelah dibawa ke kantor untuk didata dan didalami terkait identitasnya diketahui 20 WN Somalia pemegang kartu UNHCR, 11 WNA yang mengaku WN Nigeria namun tidak memiliki pasport dan 3 WN Nigeria memiliki pasport," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat Tato Juliadin Hidayawan pada Sabtu (6/8/2016).

Ia mengatakan usai melakukan pemeriksaan singkat, 20 WN Somalia pemegang UNHCR dipulangkan ke rumahnya.

Sedangkan 3 WN Nigeria yang memiliki paspor setelah dicek izin tinggalnya dan dinyatakan tidak masalah diizinkan juga untuk pulang ke kediamannya.

"Sedangkan untuk 11 WN yang mengaku WN Nigeria namun tidak memiliki paspor dilakukan pendetensian untuk pemeriksaan lebih lanjut," ucapnya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help