Pariwisata

Kalah dengan Bandung, DPRD DKI : Tempat Wisata Jakarta Gitu-gitu Aja

Ketua Komisi B DPRD DKI, Tubagus Arief menyayangkan sikap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang kurang melakukan pembenahan dalam bidang wisata.

Kalah dengan Bandung, DPRD DKI : Tempat Wisata Jakarta Gitu-gitu Aja
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, saat melakukan kunjungan kerja ke Taman Hutan Raya, Bandung, Kamis (4/8/2016) 

WARTA KOTA, GAMBIR - Ketua Komisi B DPRD DKI, Tubagus Arief menyayangkan sikap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kurang melakukan pembenahan dalam bidang wisata.

Pasalnya, tempat wisata di Jakarta saat ini, tidak berkembang untuk menarik perhatian wisatawan.

"Nggak usah jauh-jauh kita bandingkan dengan negara lain. Coba bandingkan saja sama Bandung, wisata Jakarta masih kalah jauh," kata Arief, saat melakukan kunjungan kerja ke Taman Hutan Raya (Tahura) Ir H Djuanda, Dago Pakar, Bandung, Kamis (4/8/2016).

Salah satunya, seperti di tempat eco-wisata Tahura Ir. H. Djuanda itu, menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut bisa diterapkan sistem pengelolaannya di Jakarta.

Pasalnya, pengelolaan Tahura tersebut, terdapat dari beberapa instansi yang terlibat.

Seperti mulai dari tingkat kementerian, Pemerintah Provinsi (Pemprov), hingga Wali Kota.

"Jadi tidak hanya satu instansi saja yang terlibat, tapi banyak. Sehingga pengelolaannya bisa menjadi lebih mudah. Pembangunannya juga pasti lebih baik," katanya.

Menurut Arief, sistem pengelolaan itu, bisa dilakukan untuk tempat wisata di Jakarta. Seperti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ragunan, maupun hutan kota mangrove di Jakarta Utara.

"Pemprov harus bisa fokus melakukan pembangunan tempat wisata. Meski keterbatasan ruang, banyak yang bisa dikembangkan. Apalagi Jakarta juga termasuk dalam kota sejarah," katanya.

Salah satunya, pada program 12 Destinasi Wisata Pesisir, di Jakarta Utara. Padahal, menurut Tubagus, dalah program yang bagus. Tapi sekaran tidak dikelola dengan baik, dan tidak serius ditangani.

Termasuk dengan tempat wisata di kawasan Monas. Seharusnya, bisa digelar acara kebudayaan setiap pekan, agar menarik wisatawan.

"Kalau kita lihat, sekarang wisata Jakarta kalah jauh dengan bandung. Wisata di Jakarta sekarang, ya gitu-gitu aja. Nggak berkembang," katanya.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved