Jakarta Banjir

Saluran Penuh Lumpur Sebabkan Genangan di Jalan Gajahmada

Jalan Gajahmada, Gambir, Jakarta Pusat diketahui kerap kali tergenang dan lambat surut apabila hujan deras mengguyur kawasan Ibukota.

Saluran Penuh Lumpur Sebabkan Genangan di Jalan Gajahmada
Warta Kota/Dwi Rizki
Tumpukan karung isi lumpur yang berhasil dikais dari saluran air di kawasan Jalan Gajahmada oleh petugas Pemeliharaan Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat, Jumat (29/7). 

WARTA KOTA, GAMBIR -- Walau berada di sisi Kanal Molenvliet atau dikenal Batang Hari saat ini, Jalan Gajahmada, Gambir, Jakarta Pusat diketahui kerap kali tergenang dan lambat surut apabila hujan deras mengguyur kawasan Ibukota.

Permasalahan pun ditemukan, penyebab utama munculnya genangan tersebut rupanya disebabkan saluran air yang penuh lumpur endapan.

Gangguan dalam saluran air yang memanjang di Jalan Gajahmada, mulai dari depan Gedung Lion Air hingga depan Gedung Pelni itu diungkapkan Kasi Pemeliharaan Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat, Boris itu ditemukan ketika pihaknya melakukan pembongkaran seluruh penutup saluran air di sepanjang lokasi.

Awalnya, dirinya memperkirakan bila genangan yang kerap kali muncul di lokasi tersebut diakibatkan adanya sumbatan pada beberapa tali air di sepanjang jalan.

Namun, ketika pihaknya membongkar penutup saluran, diketahui bila lumpur bercampur sampah memenuhi sebagian badan saluran air.

"Lumpurnya sudah hampir penuh, sekitar 60 cm sampai 80 cm dari tinggi saluran 120 cm. Tahap awal kita lakukan pengurasan, selanjutnya perbaikan apabila ada kerusakan pada dinding saluran atau penyumbatan pada tali-tali air di sepanjang saluran," ungkapnya.

Karena buruknya kondisi tersebut, lanjutnya, revitalisasi saluran air sepanjang 300 meter itu ditargetkan rampung sekira 15 hari mendatang.

Sehingga diharapkan menjelang musim penghujan yang diperkirakan jatuh pada akhir bulan Agustus 2016 mendatang, genangan berangsur hilang. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved