Diminta Bangun Tower Lagi di Terminal 3, PT AP II Belum Terima Surat Resmi

Perhubungan, Ignasius Jonan meminta PT Angkasa Pura II untuk membangun lagi sebuah menara pemantau di area Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

Diminta Bangun Tower Lagi di Terminal 3, PT AP II Belum Terima Surat Resmi
Warta Kota/Banu Adikara
Pembangunan Terminal 3 (T3) Ultimate Bandara Soekarno Hatta sudah nyaris rampung. 

WARTA KOTA, TANGERANG - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan meminta PT Angkasa Pura II untuk membangun lagi sebuah menara pemantau di area Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta.

Padahal, saat ini pihak bandara masih membangun tower Apron Movement Controller (AMC) di terminal tersebut. Tower yang dibangun untuk memantau pergerakan kendaraan di landasan pesawat itu sendiri juga merupakan perintah dari Jonan sebagai salah satu syarat beroperasinya Terminal 3 Ultimate.

Menurut Jonan, menara AMC yang sedang dibangun itu belum bisa menjangkau dan memantau pergerakan seluruh sisi udara bandara, seperti apron dan taxi way.

Terkait perintah pembangunan menara tambahan tersebut, PT Angkasa Pura II sendiri mengaku belum menerima edaran resmi dari Kemenhub.

"Baru sebatas omongan saja dengan pihak operasi dan teknik. Surat resminya belum kami terima, " ujar Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi, Selasa (19/7).

Agus mengatakan, pihaknya juga belum mengetahui fungsi menara kedua uang akan dibangun nanti.

"Apakah fungsinya sebagai AMC juga, atau sebagai sub-tower, belum jelas. Tapi dari omongan kemarin, sepertinya sub-tower," kata Agus.

Untuk diketahui, sub-tower sendiri adalah menara tambahan yang fungsinya sama seperti Air Traffic Controller (ATC).

"Petugas sub-tower boleh mengambil keputusan krusial, yakni landing dan take off pesawat. Kalau AMC, tugasnya hanya memastikan kondisi landasan," kata Agus. (kar)

Penulis: Banu Adikara
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help