Warga Akui Peroleh Manfaat Sejak Ada Akses Jalan di Kampung Pulo

Sekarang jadi gampang kalau mau parkir mobil, bisa sampai ke ujung-ujung.

Warga Akui Peroleh Manfaat Sejak Ada Akses Jalan di Kampung Pulo
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Warga Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur kini merasakan adanya manfaat sejak dibuatnya akses jalan yang berada tepat di pinggir Kali Ciliwung. Padahal sebelumnya penggusuran yang digagas Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama itu sempat mendapatkan penolakan. 

WARTA KOTA, JATINEGARA - Warga Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur kini merasakan adanya manfaat sejak dibuatnya akses jalan yang berada tepat di pinggir Kali Ciliwung. Padahal sebelumnya penggusuran yang digagas Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama itu sempat mendapatkan penolakan.

Salah seorang warga, Aya (52) mengaku dengan adanya jalan yang dibangun tersebut, mereka yang masih tinggal di Kampung Pulo banyak memanfaatkan jalur itu untuk mencari penghasilan tambahan. "Di sini jalannya banyak dipakai untuk dagang. Jadi kayak BKT (Banjir Kanal Timur) tiap sore. Ada yang jual makanan, minuman, ramai lah kalau udah sore," tuturnya, Rabu (13/7).

Warga RT 06 RW 03 tersebut menambahkan warga Kampung Pulo yang memiliki kendaraan baik roda dua maupun roda empat kini menjadi lebih mudah memasuki kawasan padat hunian itu.

"Sekarang jadi gampang kalau mau parkir mobil, bisa sampai ke ujung-ujung. Tadinya kan cuma sampai pinggir jalan depan sana (toko). Itu juga kadang sering diudak (kejar) karena kan enggak boleh (parkir)," ujarnya.

Pengakuan senada juga disampaikan warga lainnya, Asep (42) dimana kini mereka bisa menghemat pengeluaran bulanan. Pasalnya mereka tidak perlu lagi menumpang parkir ke tempat-tempat lainnya seperti rumah sakit atau bank.

"Sekarang jadi lebih mudah karena motor warga gampang masuknya, mereka bisa parkir dekat rumah walaupun bukan di halaman rumah. Enggak khawatir bayar parkir lagi, kalau sebelumnya kan parkir di rumah sakit, bank, pasar, dan itu ada biaya per bulan," kata Asep.

Terlebih saat ini warga menjadi lebih tenang karena tidak lagi berhadapan dengan banjir yang biasa menjadi langganan saat hujan deras melanda. "Semenjak ada pompa-pompa, jadi enggak banjir lagi, bersihin banjir aja selama ini bisa seminggu. Ini jadi keuntungan buat warga yang enggak kena gusur," kata warga RT 07 RW 03 itu.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help