Prakiraan Cuaca

BMKG : Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Selatan

Bagi masyarakat DKI Jakarta yang akan hendak bepergian atau sedang melakukan arus balik mudik, dihimbau agar waspadai potensi hujan sepekan ini.

BMKG : Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Selatan
Faisal Rapsanjani
Citra satelit cuaca wilayah Indonesia 

WARTA KOTA, KEMAYORAN - Bagi masyarakat DKI Jakarta yang akan hendak bepergian atau sedang melakukan arus balik mudik, dihimbau agar waspadai potensi hujan sepekan ini.

Berdasarkan analisis BMKG, akan terjadi hujan lebat disertai kilat/petir, khususnya di Selatan pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sehingga masyarakat di wilayah berikut ini perlu waspada, antara lain yaitu :
1. Jawa Barat
2. Jabodetabek
3. Jawa Tengah
4. Yogyakarta
5. Jawa Timur
6. Bali
7. Nusa Tenggara Timur
8. Nusa Tenggara Barat
9. Papua bagian Selatan

Ketinggian gelombang antara 2 – 4 meter diprediksi terjadi di perairan Selatan Jawa hingga Sumba.

Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat yang sedang berlibur antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Santolo, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, Pantai Selatan Banyuwangi.

Harry Tirto Djatmiko Humas BMKG, menegaskan bahwa, trafficking faktor menyebabkan hal demikian terjadi. Seperti fenomena La Nina, kondisi Dipole Mode, pertemuan angin barat dan timur, dan angin muson.

Ia beserta pihak BMKG menghimbau, agar masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap -dampak yang mungkin ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, jalan licin dan pohon tumbang-. Khususnya pada periode arus balik lebaran tahun ini agar pengguna dan operator jasa transportasi darat serta laut untuk selalu mengutamakan keselamatan.

Masyarakat diharapkan agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari. (Faizal Rapsanjani)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help