Sudinhubtrans Jakut Masih Rutin Periksa Sopir dan Bus AKAP pasca Lebaran

Puncak arus balik pemudik di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara diprediksi terjadi pada Sabtu (9/7/2016) dan Minggu (10/7/2016).

Sudinhubtrans Jakut  Masih Rutin Periksa Sopir dan Bus AKAP pasca Lebaran
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Suasana Terminal Tanjung Priok yang minim fasilitas berteduh untuk penumpangnya, Senin (4/7). 

Laporan Wartawan Warta Kota, Panji Baskhara Ramadhan

TANJUNG PRIOK, WARTA KOTA-- Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi (Kasudinhubtrans) Kota Administrasi Jakarta Utara, Benhard Hutajdulu menegaskan pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan rutin terhadap kesehatan sopir bus dan bus-bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Persiapan itu yang kami lakukan secara rutin untuk menunjang keselamatan penumpang. Kami lakukan pemeriksaan rutin ke seluruh supir armada dan bus-bus AKAP. Untuk sopir, kami cek kesehatannya karena ini vital. Setidaknya sang sopir bisa mengantarkan penumpangnya dengan selamat sampai tujuan," kata Benhard, Sabtu (9/7/2016).

"Bus-bus juga kami periksakan satu persatu, bagus atau layak tidak dioperasionalkan untuk mengantar para pemudik. Terpenting itu si sopir berkendara tidak dalam kondisi mengantuk atau mengkonsumsi minuman beralkohol maupun narkotika," lanjutnya.

Terkait puncak arus balik pemudik, Benhard mengaku diprediksi terjadi pada hari ini, Sabtu (9/7), dan Minggu (10/7).

Bersama Polres Metro Jakarta Utara, pihaknya juga terus melakukan pemantauan keamanan, di Kawasan Terminal Bus Tanjung Priok.

"Wajar kita intensifkan pengamanan, karena Terminal Bus Tanjung Priok ini kan berdekatan langsung dengan Stasiun Kereta Api (KA) Tanjung Priok dan Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok itu. Apalagi kalau sudah mendekati puncak arus balik pemudik," jelas Benhard.

Menyinggung puncak arus balik pemudik, diprediksi Benhard bakal terjadi pada Sabtu (9/7) malam, dan Minggu (10/7/2016) besok. Menurut dia, hal itu terjadi lantaran pada Senin (11/7) mendatang, sekolah dan perkantoran sudah kembali beraktivitas.

"Prediksi puncak arus balik dan kepadatan di Terminal Bus Tanjung Priok akan terjadi pada akhir pekan ini. Seban, Senin mendatang Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah mulai masuk kerja kembali, dan sekolah juga sudah berkativitas," katanya.

Ia juga menjelaskan pihaknya terus melakukan evaluasi pelayanan untuk seluruh calon penumpang atau pemudik yang berada di Terminal bus Tanjung Priok.

"Bagi para penumpang yang datang dan menggunakan Terminal Bus Tanjung Priok sebagai jalur mudik dan balik yang melewati terminal ini. Imbau kami untuk seluruh pemudik, agar menggunakan bus yang diberangkatkan langsung dari terminal penumpang. Sampai saat ini, kami juga terus berupaya memperbaiki infrastruktur pelayanan dengan menyediakan sejumlah tenda dan tempat duduk untuk penumpang," tutupnya. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Tri Broto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help