Lebaran 2016

Enam Juta Pemudik Diprediksi Lewat Kota Bekasi

Hingga Jumat (1/7) petang, jumlah kendaraan roda dua yang melintas di wilayah setempat mencapai 12.828 unit, sedangkan roda empat mencapai 3.571 unit

Enam Juta Pemudik Diprediksi Lewat Kota Bekasi
Istimewa
Ilustrasi mobil yang digunakan untuk mudik. 

WARTA KOTA, BEKASI -- Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota memprediksi, jumlah pemudik kendaraan roda dua dan empat yang melintas di wilayah setempat mencapai 6 juta pengendara.

Mereka melintasi Jalan KH. Noer Ali (Kalimalang), Jalan Mayor Hasibuan, Jalan Chairil Anwar hingga wilayah Kabupaten Bekasi.

Pemudik yang melintasi jalur ini, biasanya dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hingga Jumat (1/7) petang, jumlah kendaraan roda dua yang melintas di wilayah setempat mencapai 12.828 unit, sedangkan roda empat mencapai 3.571 unit.

Kasat Lantas Polresta Bekasi Kota, Komisaris Bayu Pratama mengatakan, guna memberi kelancaran arus kendaraan para pemudik, pihaknya menutup simpang lintasan di jalan raya dengan total panjang jalan sekitar 13 kilometer dari Sumber Artha Bekasi Barat hingga Simpang Tol Timur. "Sudah kami tutup simpang lintasan yang dianggap rawan membuat kemacetan sejak H-6," ujar Bayu pada Jumat (1/7).

Menurutnya, sejak H-6 arus mudik sudah mulai padat. Dia menyebut, per dua jam kendaraan roda dua yang melintas mencapai ribuan kendaraan, sedangkan roda empat mencapai ratusan unit. Dia pun menilai, kondisi ini akan berlangsung hingga Minggu (3/7).

"Mayoritas pemudik berangkat dari tempat asalnya usai salat tarawih dan makan sahur. Oleh karena itu, kami mengimbau pemudik pengendara bermotor roda dua untuk meningkatkan kewaspadaan dan mementingkan keselamatan," kata Bayu.

Sementara itu di ruas tol Jakarta-Cikampek, lonjakan volume lalu lintas mudik di Gerbang Tol Cikarang Utama mencapai 45 persen hingga Kamis (30/6) malam. Volume kendaraan tercatat mencapai 114.054 kendaraan dari lalu lintas normal sebanyak 79.881 kendaraan.

Kemudian pada Jumat (1/7) pagi pukul 06.00 hingga sore hari, mengalami kenaikan sebesar 14 persen dengan jumlah kendaraan yang melintas 3.900 kendaraan. Jumlah kendaraan itu melintas Gerbang Tol Cikarang Utama dan selanjutnya menuju Cikampek dengan tujuan Jawa Tengah.

Kepala Humas PT Jasamarga Cabang Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto memprediksi, pada Jumat (1/7) malam jumlah kendaraan yang melintas mencapai 120.000 mobil. Sementara pemudik yang mengarah ke Purwakarta, Bandung dan Cikampek, diprediksi akan memasuki Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (2/7) dan Minggu (3/7).

Pantauan di lapangan, ribuan pemudik mulai melintasi Kota Bekasi melalui Jalan KH Noer Ali (Kalimalang), Bekasi Selatan dan ruas Jalan Sudirman-Sultan Agung, Medansatria dari arah Jakarta. Sedangkan dari Depok atau Bogor melintas melalui Jalan Raya Narogong, Bantargebang.

Para pemudik roda dua yang melintas di jalur kalimalang rata-rata membawa barang bawaan lumayan banyak dalam roda dua itu. Selain itu pemudik bergerak secara berkelompok ada juga perseorangan, dengan tujuan berbagai wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help