Korupsi APBD DKI

Warga Tak Tahu Lahan Kosong Dijadikan Rusunawa Cengkareng

Pengadaan lahan untuk pembangunan Rusunawa Cengkareng kini semakin memanas.

Warga Tak Tahu Lahan Kosong Dijadikan Rusunawa Cengkareng
Andika Panduwinata
Rumah susun sewa sederhana (rusunawa) Cengkareng, Jakarta Barat, hingga kini masih belum dibangun. Lokasinya masih berupa tanah lapang seluas kurang lebih 4 hektar. Foto diambil Selasa (10/3/2015). 

WARTA KOTA, CENGKARENG - Pengadaan lahan untuk pembangunan Rusunawa Cengkareng kini semakin memanas. Satu temuan tercantum dalam laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemprov DKI Jakarta tahun 2015.

Pemprov DKI membeli tanah milik mereka sendiri. Harganya mencapai Rp. 648 miliar pada 13 November tahun lalu.

Warta Kota mencoba menyambangi lahan tersebut. Lahan kosong itu berada di sisi Jalan Lingkar Luar, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Tanah seluas 4,6 hektar tersebut berada di samping gang Rawa Bengkel. Ada pintu gerbang warna hitam setinggi seleher orang dewasa di depan lahan ini

Di depannya banyak penjual tanaman yang membuka lapak di pinggir jalan. Ada juga papan terpampang bertuliskan "Tanah Ini Tidak Dijual" di lahan kosong itu.

Tampak tak terawat. Banyak ilalang dan rerumputan yang tingginya melebihi sekitar 1 meter.

Bahkan kebanyakan warga tak mengetahui peruntukan tanah ini. Masyarakat tidak tahu kalau lahan kosong itu nantinya akan dibangun Rumah Susun.

"Enggak tahu, sudah lama tanah itu dibiarkan kosong begitu saja," ujar Galih (29) warga Rawa Bekel, Cengkareng, Jakarta Barat saat ditemui Warta Kota pada Kamis (30/6/2016).

Bahkan mayoritas warga sekitar bingung saat ditanya lahan kosong yang diperuntukan sebagai pembangunan Rusunawa.

"Di sini enggak ada tanah kosong buat Rumah Susun, adanya paling di depan tukang tanaman itu, tapi enggak tahu kalau untuk dibangun Rumah Susun," ucap Ali (47) masyarakat setempat.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help