Properti

Tren Lokasi Perkantoran di Jakarta Alami Pergeseran

Merambahnya bisnis E-commerce di Indonesia dinilai menggeser tren lokasi perkantoran yang ada di sekitar Jakarta.

Tren Lokasi Perkantoran di Jakarta Alami Pergeseran
Rangga Baskoro
Associate Director PT Cushman & Wakefield Indonesia Christopher Widyastanto pada acara Jabodetabek Property Market Update, di Indonesia Stock Exchange Building, jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, pada Kamis (23/6). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Merambahnya bisnis E-commerce di Indonesia dinilai menggeser tren lokasi perkantoran yang ada di sekitar Jakarta.

Pebisnis yang pada awalnya biasa mencari lokasi operasional perusahaan di dalam gedung perkantoran kini berubah menjadi di ruko atau perumahan.

"Secara fisik, anak muda yang menjalankan bisnis lebih menjauhi untuk menempati gedung perkantoran. Terutama mereka yang bergelut di bisnis E-commerce," kata Associate Director PT Cushman & Wakefield Indonesia Christopher Widyastanto pada acara Jabodetabek Property Market Update, di Indonesia Stock Exchange Building, jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, pada Kamis (23/6).

Hal tersebut, menurut Christopher, dipengaruhi oleh keinginan para pemilik usaha yang menginginkan konsep casual terhadap kantornya.

Selain itu pebisnis yang notabene merupakan anak muda juga mengharapkan tingkat fleksibilitas yang tinggi.

"Kalau di dalam gedung mungkin banyak peraturan yang harus dipenuhi. Hal tersebut tidak mendukung bisnis mereka yang mengharapkan tingkat operasional yang cepat," ujarnya.

Berbicara kepada hal yang lebih luas, lokasi perkantoran masih akan berlokasi di Jakarta saja.

Faktor pemusatan bisnis di Jakarta menjadi alasan utama mengapa pengusaha lebih cenderung membangun perkantoran di ibu kota.

"Kalau di daerah itu biasanya hanya pabrik yang besar. Ada juga kantor tapi biasanya sifatnya hanya merupakan cabang dan itupun paling hanya di sektor perbankan dan perusahaan multinasional," ujar Director PT Cushman & Wakefield Arief Rahardjo.

Arief menambahkan memiliki lokasi perkantoran di wilayah Jakarta merupakan sesuatu yang prestisius mengingat perputaran perekonomian di Indonesia mengarah ke Jakarta.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved