Properti

Perumnas Prioritaskan Rumah Vertikal

Saat ini Perumnas masih on progress di 92 lokasi proyek strategis, baik landed housing maupun vertical housing.

Perumnas Prioritaskan Rumah Vertikal
KOMPAS/RADITYA HELABUMI
Kebutuhan rumah meningkat setiap tahun, sementara lahan kian terbatas. Vertical Housing menjadi pilihan. Pengembang pun terus menggenjot ketersediaan vertical housing. 

CAWANG, WARTAKOTALIVE-Perumnas akan memprioritaskan proyek high rise building (vertical housing) untuk pemenuhan kebutuhan rumah terutama di wilayah perkotaan.

Saat ini, mayoritas proyek Perumnas masih landed housing atau rumah tapak.

"Dengan makin mahalnya harga tanah khususnya di perkotaan, komposisi format rumah yang kami bangun akan lebih condong ke format rumah vertikal, menjadi sekitar 60 persen di produk kami," ungkap Dirut Perumnas, Himawan Arief saat peluncuran Design Center di Kantor Pusat Perumnas Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2016).

Secara nasional, kata Himawan, saat ini Perumnas masih on progress di 92 lokasi proyek strategis, baik landed housing maupun vertical housing.

Proyek landed housing atau rumah tapak tersebar di 80 lokasi di Indonesia.

Sedangkan vertical housing meliputi 12 lokasi, yaitu di Sukaramai Medan, Ilir Barat Palembang, Jakabaring Palembang, Cengkareng, Pulo Gebang Jakarta Timur, Kemayoran, Karawang, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makasar.

Dari 12 proyek vertical housing itu, dua di antaranya merupakan proyek peremajaan yang sudah disepakati dengan penghuni lama.

"Setelah unit lama dirobohkan, kami bangun lagi dengan konsep baru," tuturnya.

Design center
Demi memperkuat perencanaan dan standarisasi desain kawasan dan pemukiman, Perumnas meresmikan Design Center di Kantor Pusat Perumnas, Jalan DI Panjaitan Jakarta Timur.

Keberadaan Desain Center ini menghemat waktu dan biaya perencanaan.

Halaman
12
Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Tri Broto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved