Lebaran 2016

H-7 Lebaran, Sopir Bus di Depok Dites Urine

Dinas Kesehatan Depok bersama BNN Depok serta Satuan Narkoba Polresta Depok akan mulai melakukan tes urine kepada para awak angkutan bus Lebaran.

H-7 Lebaran, Sopir Bus di Depok Dites Urine
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Awak Bus Transjakarta Dikumpulkan untuk Menjalani Tes Urine 

WARTA KOTA, DEPOK - Dinas Kesehatan Kota Depok bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok serta Satuan Narkoba Polresta Depok akan mulai melakukan tes urine kepada para sopir bus atau awak angkutan bus Lebaran yang membawa pemudik di Terminal Depok di Jalan Margonda, pada H-7 Lebaran mendatang.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Depok, Zakiyah, Kamis (23/6/2016).

Menurut Zakiyah tes urine dan tes kesehatan sopir bus ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan para sopir bus mengonsumsi narkoba atau obat terlarang, saat mengemudikan kendaraannya.

Sehingga dengan begitu, katanya, angka kecelakaan akibat sopir bus yang mengonsumsi narkoba atau obat terlarang, bisa dihindari.

"Kita akan lakukan pengecekan terhadap kesehatan sopir termasuk te urine pada H-7 Lebaran di Terminal Depok," kata Zakiyah.

Menurutnya di Terminal itu pulalah nantinya Dinkes Depok membangun posko kesehatan mulai H-7 Lebaran sampai H+7 Lebaran.

Keberadaan posko katanya untuk mengantisipasi adanya pemudik atau awak angkutan yang sakit. "Kita siapkan tenaga medisnya yakni dokter dan perawat yang standby di posko kesehatan itu," katanya.

Ia berharap dalam tes urine awak bus di Terminal Depok, pekan mendatang, tidak ada sopir bus yang kedapatan mengonsumsi narkoba atau obat terlarang.

"Kami berharap perjalanan mudik mereka lancar dan selamat sampai tujuan," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Lies Karmawati menuturkan sedikitnya ada 4 posko kesehatan yang akan dibuka pihaknya dalam menyambut musim mudik Lebaran 2016 kali ini.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help