Home »

Depok

Lebaran 2016

Jadi Jalur Perlintasan Pemudik, Depok Antisipasi Macet di Tiga Titik

Setiap musim mudik Lebaran, Kota Depok menjadi salah satu jalur perlintasan pemudik dari Jakarta baik menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Jadi Jalur Perlintasan Pemudik, Depok Antisipasi Macet di Tiga Titik
Warta Kota/Alex Suban
Pada usinya ke-17, Rabu (27/4), Kota Depok telah banyak berubah. Terutama lanskap Jalan Raya Margonda yang padat lalu lintas kini penuh gedung tinggi 

WARTA KOTA, DEPOK - Setiap musim mudik Lebaran, Kota Depok menjadi salah satu jalur perlintasan pemudik dari Jakarta baik yang menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Sedikitnya ada tiga titik ruas jalan di Depok yang menjadi jalur perlintasan pemudik. Karenanya di tiga titik itu kepolisian akan menjaga lebih intensif untuk menghindari kemacetan parah di sana.

Kasat Lantas Polresta Depok Komisaris Sutomo menuturkan tiga titik yang biasa dipakai sebagai jalur perlintasan pemudik di Depok adalah Jalan Raya Bogor dari wilayah Cimanggis hingga Tapos, lalu Jalan Raya Parung-Ciputat di wilayah Bojongsari serta di Jalan Raya Alternatif Cibubur di wilayah Cimanggis Depok.

"Tiga titik ini akan menjadi perhatian di musim mudik Lebaran. Di sana volume kendaraan akan meninggi saat musim mudik tiba, biasanya mulai H-10 atau H-7," kata Sutomo, Senin (19/6/2016).

Menurutnya ketiga titik itu menjadi salah satu jalur alternatif bagi pemudik dari Jakarta untuk wilayah Kabupaten Bogorn atau Bogor Kota serta Sukabumi.

Ia menuturkan pada musim mudik Lebaran kali ini, pihaknya menyiapkan 160 personel untuk turun ke lapangan mengatur lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di wilayah Depok.

"Untuk personelnya, ada 160 anggota Satlantas Polresta Depok yang disiagakan turun mengantisipasi kemacetan selama musim mudik Lebaran di Depok," kata Sutomo.

Selain itu kata dia, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan personel Dishub Depok untuk saling bahu-membahu mengatasi kemungkinan kemacetan, di sejumlah ruas jalan yang rawan macet.

Menurutnya selain jalur perlintasan pemudik, sejumlah titik yang menjadi terminal bayangan bus saat musim mudik, akan menjadi ancaman penyebab kemacetan lain di Depok.

"Nanti sebelum H-7 kita akan gelar apel kesiapan bersama Dishub Depok, untuk mengantisipasi kemacetan di musim mudik Lebaran ini," kata Sutomo.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Gandara Budiana menuturkan pihaknya akan menurunkan 175 personelnya di beberapa titik ruas jalan di Depok yang rawan macet di musim mudik Lebaran.

Dengan jumlah itu, ditambah 160 personel Satlantas Polresta Depok, maka totalnya ada 335 petugas gabungan dari Dishub dan Satlantas Depok.

Mereka akan turun ke lapangan untuk mengurai dan mengantisipasi kemacetan pada musim mudik Lebaran di Depok, mulai H-7 Lebaran.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help