PPDB 2016

BREAKING NEWS: PPDB 2016 Kacau, Orangtua Siswa Berjubel di Kantor Dinas Pendidikan DKI

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kantor Dinas Pendidikan DKI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, kisruh, Kamis (16/6/2016).

BREAKING NEWS: PPDB 2016 Kacau, Orangtua Siswa Berjubel di Kantor Dinas Pendidikan DKI
Dina
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kantor Dinas Pendidikan DKI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, kisruh, Kamis (16/6/2016). Orangtua berbondong-bondong ke kantor Disdik DKI. 

WARTA KOTA, PALMERAH-- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kantor Dinas Pendidikan DKI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, kisruh, Kamis (16/6/2016).

Sejumlah orangtua melakukan protes dan keberatan karena anak mereka yang lahir dan besar di Jakarta tetapi justru dalam data base Dinas Pendidikan masuk sebagai warga dari luar DKI Jakarta.

"Anak saya NIK-nya Jakarta, 317507240601XXXX. Tapi begitu diinput ke sistem online langsung mental, karena dianggap anak dari luar Jakarta," ujar Dinas, salah satu warga Jakarta yang ingin mendaftarkan anaknya ke SMA.

Saat ini, ratusan orang berkerumun di Kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Mereka menanyakan kekacauan sistem pendataan tersebut.

Sementara itu, Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto ketika dihubungi Wartakotalive.com mengatakan, ada 2 petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI yang sedang membantu memverifikasi data kependudukan calon siswa.

"Sekarang ada 2 petugas, sudah ditambah. Mereka yang mental itu karena tidak masuk dalam database Dinas Dukcapil. Jadi kalau memang benar warga Jakarta dan ada bukti-buktinya, anak itu akan mendapatkan hak seperti warga Jakarta lainnya," ujar Bowo.

Dia menambahkan, data kependudukan yang digunakan Disdik DKI bersumber dari Dinas Dukcapil. Karena itu, jika ada anak yang NIK-nya sudah berkepala 31 (provinsi DKI Jakarta), tetapi tetap mental saat mendaftar secara online, nanti akan diverifikasi lagi oleh petugas Dinas Dukcapil DKI.

"Kita cek apakah data NIK itu memang benar atau ada masalah. Petugas Dukcapil yang tahu," katanya.

Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved