Home »

News

Tip Kesehatan

Menjalani Ibadah Puasa bagi Penderita Diabetes

"Justru puasa itu dapat mengontrol gula darah karena konsumsi makanan otomatis berkurang namun perlu diperhatikan jangan balas dendam kalau berbuka

Menjalani Ibadah Puasa bagi Penderita Diabetes
Rangga Baskoro
Kepala Divisi Departemen Endokrinologi dan Penyakit Dalam FKUI/RSCM dr Em Yunir SpPD-KEMD saat meresmikan poliklinik edukasi Diabetes Melitus terpadu di RSCM, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (8/6). 

WARTA KOTA, SENIN - Penderita diabetes melitus (DM) dianjurkan oleh Kepala Divisi Departemen Endokrinologi dan Penyakit Dalam FKUI/RSCM, dr Em Yunir SpPD-KEMD untuk melaksanakan ibadah puasa.

"Justru puasa itu dapat mengontrol gula darah karena konsumsi makanan otomatis berkurang namun perlu diperhatikan jangan balas dendam kalau berbuka puasa," ungkap dr Em Yunir di RSCM, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (8/6).

Namun Ia menyarankan bagi para penderita DM yang mejalankan puasa untuk mengonsultasikan asupan makanan kepada ahli gizi agar tetap dapat mengonsumsi makanan yang baik untuk ketahanan tubuh.

"Porsinya saja yang dikurangi, seperi karbohidrat dari nasi dan glukosa dari makanan dan minuman manis. Dikurangi jadi sepertiga saja misalnya," ujarnya.

Pengaturan obat juga penting untuk dilakukan pergeseran agar dapat menyesuaikan dengan jam saat menjalankan ibadah puasa.

"Obat yang diminum pagi hari dikonsumsi pada saat berbuka puasa," tutur dr Em Yunir.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah berolah raga minimal 150 menit per minggu.

Olah raga yang baik dilakukan untuk para penderita DM adalah jenis olah raga yang gerakannya dilakukan secara berulang-ulang, seperti jogging, skipping dan renang. (Rangga Baskoro)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help