Transjakarta Margonda-UKI Tidak Pakai Jalur Khusus

Bus Transjakarta Margonda-UKI tidak akan menggunakan jalur khusus.

Transjakarta Margonda-UKI Tidak Pakai Jalur Khusus
Warta Kota
Ilustrasi - Bus Transjakarta sdan awaknya. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Bus Transjakarta Rute Terminal Margonda Depok-Halte UKI Cawang yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini menggantikan Transjabodetabek rute Terminal Margonda-PGC-Grogol, dipastikan tidak akan menggunakan jalur khusus atau busway saat melintas di Jalan Margonda dan Jalan Juanda, Depok.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana kepada Warta Kota, Minggu (5/6/2016). 

"Jadi tetap menggunakan jalur biasa atau tidak ada jalur khusus untuk Transjakarta yang direncanakan beroperasi dari Terminal Margonda ke UKI," kata Gandara.

Menurutnya jalur yang dilintasi kemungkinan sama dengan Transjabodetabek meski ada sejumlah alternatif lain yang dikaji yakni dengan masuk ke Tol Jagorawi untuk sampai UKI Cawang.

Gandara mengatakan pengoperasian bus Transjakarta ini diterapkan untuk menggantikan bus Tranjabodetabek rute Terminal Depok-PGC-Grogol yang beroperasi sejak September 2015 lalu.

Sebab kata dia saat ini bus Transjabodetabek sudah mati atau tak beroperasi karena sepinya penumpang.

Penyebab utamanya kata dia karan tarif Transjabodetabek cukup mahal yakni Rp 9000. Sementara saat Transjakarta rute Margonda-UKI beroperasi maka tarifnya jauh lebih murah yakni Rp 3500.

"Jadi operasional bus Transjabodetabek yang mati karena sepi penumpang itu, akan dihidupkan lagi dengan masuknya Transjakarta yang tarifnya jauh lebih murah," kata Gandara.

Menurut Gandara, kepastian akan hal itu karena sudah ada kesepakatan antara pengelola Transjabodetabek yakni Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) dengan PT Trans Jakarta selaku pengelola Transjakarta.

"Sudah ada kerjasama antara PPD dengan Transjakarta dalam hal ini. Dalam kerjasamanya disepakati rute Transjabodetabek dari Margonda, Depok, ditangani Transjakarta," katanya.

Dalam kerjasama itu, Gandara, ada beberapa hal signifikan yang dilakukan Transjakarta, agar operasional dari Terminal Depok di Jalan Margonda Raya, tidak sepi penumpang seperti yang terjadi pada Transjabodetabek rute Depok-PGC-Grogol.

"Yakni tarif bus Transjakarta dari Margonda Rp 3500. Sangat murah dibandingkan tarif Transjabodetabek yang sempat beroperasi dari Margonda yakni Rp 9000," kata Gandara.

Karena tarif yang murah ini, ia optimis Transjakarta dari Terminal Depok tidak akan sepi penumpang seperti yang terjadi pada Transjabodetabek.

Meski begitu, Gandara mengaku belum tahu berapa jumlah bus Transjakarta yang akan beroperasi dari jantung Kota Depok ini di awal operasionalnya.

Sementara iru, Kepala UPT Terminal Depok, Reynold John, mengakui bahwa pihak PT Trans Jakarta sudah mulai melakukan survei ke Terminal Depok, untuk rencana operasional bus Transjakarta ini.

"Survei sudah ada. Semoga sebelum puasa, bus Transjakarta, sudah bisa beroperasi," katanya.

Sebelumnya Kadishub DKI Andri Yansyah, menuturkan ada sejumlah rute bus Transjakarta yang menjangkau penyangga Jakarta pengoperasiannya menunggu izin dari Kementerian Perhubungan.

Salah satunya kata dia adalah bus Transjakarta rute Terminal Margonda Depok - Halte UKI Cawang. "Kami masih tunggu izinnya," kata dia.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help