Inilah 5 Kebiasaan yang Bikin IQ Kita Makin Menurun

Inilah beberapa aktivitas atau tingkah laku kita yang justru semakin lama membuat kita makin bodoh.

Inilah 5 Kebiasaan yang Bikin IQ Kita Makin Menurun
memorado.com
Perlu diketahui bahwa kemampuan kognitif seperti konsentrasi, kreativitas, dan daya ingat dipengaruhi oleh kapasitas kemampuan intelegensi kita. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Otak kita seperti prosesor komputer yang memiliki batasan untuk digunakan. Selain itu, kinerjanya juga dipengaruhi oleh kondisi emosional kita.

Karena itu sangat penting menjaga kondisi otak dengan menghindari kebiasaan-kebiasan yang dapat mengurangi kemampuan intelegensi.

Cobalah untuk berjalan kaki sambil menghitung mundur dari 1000 dikurangi tujuh. Seperti ini 1000..,993..,986,…dst. Anda pasti akan segera berhenti melangkah.

Mengapa? Karena otak Anda harus bekerja sangat keras untuk melakukan perhitungan yang sangat simpel. Ia tidak punya daya yang cukup untuk mengatakan pada kaki Anda untuk terus melangkah.

Benar kalau percobaan ini tidak terlalu signifikan dalam kemampuan kita untuk belajar maupun bekerja. Banyak dari kita yang bisa bekerja sembali mendengar musik bahkan membaca buku saat sedang makan.

Namun perlu diketahui bahwa kemampuan kognitif seperti konsentrasi, kreativitas, dan daya ingat dipengaruhi oleh kapasitas kemampuan intelegensi kita. Ada beberapa problem yang bisa mengganggu kemampuan intelegensi itu.

Biasanya berasal dari kondisi psikis yang dipengaruhi oleh kebiasaan buruk kita. Nah, buruknya jika terus dibiarkan, kebiasaan itu akan membuat IQ kita semakin rendah.

1. Terlalu sering menyesali keadaan

Merenungkan dan memikirkan sesuatu yang menyedihkan, yang membuat frustasi, dan yang membuat stres berulang kali akan menurunkan IQ. Khususnya jika kita melakukan tindakan ini berulang kali. Tindakan penyesalan dan perenungan akan hal-hal yang menyedihkan sangatlah berbahaya bagi kondisi emosional dan kesehatan mental kita.

2. Perasaan bersalah yang belum diselesaikan

Halaman
12
Editor: Suprapto
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved