Transportasi

Sopir Angkot Bogor Kembali Tolak Sistem Satu Arah

Puluhan sopir angkot di Kota Bogor kembali berunjukrasa di Balai Kota, Rabu (27/4/2016), menolak pemberlakuan sistem satu arah dengan alasan dirugikan

Sopir Angkot Bogor Kembali Tolak Sistem Satu Arah
Antaranews.com
Angkot Bogor 

WARTA KOTA, BOGOR - Puluhan angkot'>sopir angkot di Kota Bogor, Jawa Barat kembali melakukan unjuk rasa di Balai Kota, Rabu (27/4/2016), mereka tetap menolak pemberlakuan sistem satu arah (SSA) dengan alasan dirugikan karena saling berebut penumpang.

Aksi unjuk rasa dilakukan para sopir mendesak Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto untuk membatalkan sistem satu arah dan mengembalikan rute atau trayek angkot seperti semula.

Para supir beralasan sejak diberlakukannya SSA membuat distribusi kendaraan berubah sehingga membuat para pengguna jasa angkutan ikut berubah yang berimplikasi pada menurunnya pendapatan para pengendara angkot.

"Sejak ada SSA, kami sesama supir sering ribut karena harus berebut penumpang," kata Empai Supardi selaku koordinator aksi supir.

Terjadi perebutan penumpang antara trayek angkot diantaranya, antara angkot 03 dan 09 yang harusnya tidak boleh mengambil penumpang di BTM, tetapi sering ditemukan ngetem dan membawa penumpang.

Ia mengatakan, sejak SSA pendapatan supir berkurang, sedangkan jumlah setoran yang diwajibkan oleh pemilik angkutan tetap sehari berkisar antara Rp150 ribu - Rp200 ribu.

Menurutnya, sebelum ada SSA pendapatan para sopir bisa mencapai Rp50 ribu sekali narik. Sejak SSA mereka kesulitan mendapatkan nominal tersebut.

"Belum lagi harga onderdil mahal-mahal, untuk dapatkan Rp50 ribu aja susah," katanya.

Tuntutan lain lanjut dia, datang dari para istri yang protes karena pendapatan suaminya yang menjadi supir angkot berkurang.

"Belum lagi rawan kecelakaan, sejak SSA kendaraan melaju kencang di jalur-jalur seperti di Juanda, dan Jalak Harupat," katanya.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help