WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Sastrawati Ayu Utami Buka Kelas Filsafat Gratis Philosophy Underground 2016

Sastrawati dan pencinta filasfat, Ayu Utami, mengajak warga yang meminati filsafat untuk ikut belajar bersama dirinya kepada para pakar filsafat dalam

WARTA KOTA, JAKARTA - Sastrawati dan pencinta filasfat, Ayu Utami, mengajak warga yang meminati filsafat untuk ikut belajar bersama dirinya kepada para pakar filsafat dalam sebuah kelas yang dinamai Philosophy Underground.

Kelas ini direncanakan berlangsung di Teater Utan Kayu (TUK), Jalan Utan Kayu 68H, Jakarta Timur. Penyelenggaraan kelas akan berlangsung setiap hari Kamis tanggal ganjil pada pukul 18:30-20:30 WIB, sejak bulan Mei hingga Oktober 2016.

Menurut Ayu yang mengumumkan rencana ini melalui blog-nya, kelas ini akan mengundang para pakar Filsafat yang tergabung dalam “Kelompok Burung Hantu” dari Sekolah Tinggi Filasfat STF Driyarkara untuk memberikan kuliah selama satu semester.

"Saya akan mengundang 'Kelompok Burung Hantu' dari STF Driyarkara untuk memberikan satu semester kelas Filsafat di TUK. Saya juga mengundang siapapun yang minat filsafat untuk ikut belajar bersama saya pada mereka," ujar penulis sejumlah novel, buku dan ratusan artikel ini.

Ayu juga menjelaskan pilihan nama Philosophy Underground untuk kelas Filsafat ini. Pertama, karenadiadakan di TUK yang letaknya sedikit di bawah tanah.

Kedua, karena peserta akan belajar tentang pemikiran beberapa pemikir abad ke-20 yang mengguncangkan filsafat modern dari fondasinya seperti Marx, Nietzsche, Freud, Kant, Hegel, Camus, Sartre, Husserl, Heidegger, Levinas, Derrida, dan Foucault.

"Kelas ini sangat berguna untuk anak-anak muda yang minat filsafat tapi merasa sulit untuk mengetahui peta besar sejarah pemikiran dunia," ujarnya.

Kelas ini dibuka secara cuma-cuma atau gratis namun dengan pendaftaran. Tempat yang tersedia terbatas dab pendaftar awal akan didahulukan.

Jadwal Kelas Filsafat "Philosophy Underground" 2016 Bersama Ayu Utami

Tempat : Teater Utan Kayu, Jln. Utan Kayu 68H, Jakarta Timur
Waktu : 18:30-20:30, Kamis tanggal ganjil, Mei-Oktober 2016 (lihat jadwal di bawah)
Pendaftaran ke: kontak.teaterutankayu@gmail.com

Sesi 1, 19 Mei: tentang Marx
Sesi 2, 9 Juni: tentang Nietzsche
Sesi 3, 23 Juni: tentang Freud
Sesi 4, 21 Juli: tentang Kant
Sesi 5, 11 Agustus: tentang Hegel
Sesi 6, 25 Agustus: tentang eksistensialisme Camus dan Sartre
Sesi 7, 1 September: tentang fenomenologi Husserl dan Heidegger
Sesi 8, 15 September: tentang Imanuel Levinas
Sesi 9, 29 September: tentang Derrida
Sesi 10, 13 Oktober: tentang Foucault

Sumber: ayu utami's indonesia & world

Penulis: Willy Pramudya
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help