Komunitas

Deklarasi JNC, Komunitas Motor Pertama di Indonesia yang Diisi Jurnalis

Deklarasi JNC digelar di kota Garut, Jawa Barat, pada 25 Maret 2016 lalu.

Deklarasi JNC, Komunitas Motor Pertama di Indonesia yang Diisi Jurnalis
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Para anggota Journalist NMax Community (JNC) saat mejeng bersama. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Para jurnalis pengguna motor matik Yamaha NMax mendeklarasikan dibentuknya komunitas dengan sebutan Journalist NMax Community (JNC).

Deklarasi JNC digelar di kota Garut, Jawa Barat, pada 25 Maret 2016 lalu.

Dalam kegiatan itu dihadiri, Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Masykur, dan Ketua Umum Jakarta Max Owners (JMO) sekaligus Koordinator Nasional Indonesia Max Owners (IMO), Acho Patauri.

"Ini merupakan komunitas unik karena diisi oleh para rider yang berprofesi sebagai jurnalis. Saya berharap dengan kapasitas, kemampuan dan sumber daya yang dimiliki, JNC bisa menjadi virus positif bagi komunitas-komunitas motor lain," kata Mohammad Masykur di tengah acara deklarasi JNC.

"Komunitas ini juga bisa menjadi pernyataan terbuka untuk masyarakat, kalau komunitas pemotor itu tidak selamanya negatif. Komunitas motor banyak yang positif, seperti JNC ini," tambahnya.

Zainal Abidin yang terpilih sebagai Sekretaris Jenderal JNC pertama mengatakan, komunitas ini dibangun atas dasar kesamaan semangat pada dunia otomotif tanpa perbedaan.

"Implementasinya bisa dilihat dari nama jabatan pemimpin JNC. Kita tidak memilih presiden atau ketua, cukup sekjen. Itu karena kami memandang semua anggota setara," kata jurnalis yang akrab disapa Zie itu.

Sementara, Acho Patauri yang ikut menyaksikan deklarasi JNC pun melihat keseriusan komunitas pekerja media ini.

Apalagi hal ini, merupakan sebuah hal langka melihat jurnalis mengambil peran sebagai pelaku kegiatan, membentuk sebuah komunitas motor, karena biasanya jurnalis berperan sebagai pemerhati.

"Saya belum pernah dengar ada komunitas motor yang khusus diisi oleh jurnalis dari banyak media tingkat nasional. JNC ini mungkin yang pertama," ujar Acho yang juga merupakan dewan pengawas Yamaha Riders Federation Indonesia.

Acara deklarasi JNC, sekaligus menjadi touring perdana JNC, yakni menempuh rute Jakarta-Garut-Jakarta yang berjarak sekitar 440 km dengan motor masing-masing.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved