200 Warga Kurang Mampu Memperoleh SIM C Gratis

Ketika mereka punya SIM, mereka bisa ikut bekerja seperti untuk pelayanan free order

200 Warga Kurang Mampu Memperoleh SIM C Gratis
Warta Kota
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM) 

WARTA KOTA, CIPAYUNG - Sebanyak 200 orang warga tidak mampu yang termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) mengikuti pembuatan KTP dan SIM C secara gratis yang diselenggarakan di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur.

Layanan tersebut merupakan sinergitas antar instansi seperti Kementerian Sosial, Dinas Sosial DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pelayanan tersebut merupakan bagian dari salah satu upaya penanganan warga miskin.

"Ini tentunya sangat membantu penguatan income dan memberikan manfaat bagi mereka. Ketika mereka punya SIM, mereka bisa ikut bekerja seperti untuk pelayanan free order," ungkap Khofifah, Kamis (31/3).

Menurutnya, dengan apa yang sudah diberikan tersebut sedikit banyak akan membantu dalam percepatan pelayanan peningkatan kesejahteraan sosial bagi keluarga miskin. Pihaknya juga berharap apabila semua instansi bekerjasama seperti ini, maka jumlah warga miskin akan terus menurun.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan menambahkan pihaknya siap bekerjasama dengan instansi manapun terkait kepedulian terhadap warga kurang beruntung. Termasuk ketika ada individu maupun lembaga yang ingin memberikan bantuan, Dinas Sosial DKI Jakarta siap untuk memfasilitasi.

"Kami juga mengerahkan para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di tiga kecamatan karena 200 orang yang mendapatkan pelayanan merupakan penerima PKH dari tiga kecamatan yang ada di Jakarta Timur yakni kecamatan Cakung, Jatinegara, dan Pulogadung," kata Masrokhan.

Sementara itu salah seorang warga, Sudirman (35) mengaku senang dengan adanya layanan tersebut. Kini dirinya bisa memiliki SIM C setelah sekian lama dan memperolehnya secara cuma-cuma alias gratis. "Jarang ada kegiatan seperti ini. Makanya saya langsung ikut. Apalagi saya memang udah lama pengen bikin SIM C tapi belum ada uangnya," ungkap warga Jatinegara itu.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved