Home »

News

» Jakarta

Burung Dimusnahkan di Kawasan Menteng

Dalam upaya mencegah wabah flu burung, sejumlah unggas dimusnahkan di kawasan Menteng.

Burung Dimusnahkan di Kawasan Menteng
Warta Kota/Dwi Rizki
Cegah Flu Burung, Puluhan Merpati Disembelih di Kemayoran 

WARTA KOTA, MENTENG -- Upaya untuk mencegah wabah flu burung dilaksanakan di DKI Jakarta.

Tidak puas memusnahkan sebanyak 40 ekor merpati dengan cara disembelih di RW 06 dan RW 10 Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (28/3/2016), pihak Pemkot Jakarta Pusat kembali melakukan razia unggas di RW 08 dan RW 09 Menteng, Menteng, Jakarta Pusat bersamaan. Hasilnya, sebanyak 65 ekor merpati serta enam ekor ayam ternakan milik warga ikut disembelih petugas.

Upaya penindakan tersebut menggenapkan jumlah merpati menjadi sebanyak 105 ekor dalam razia pencegahan virus flu burung di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Karena langkah tersebut diungkapkan Kasudin Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Pusat sesuai dengan Perda Nomor 4 tahun 2007 tentang Pengendalian Unggas di wilayah DKI Jakarta.

"Jadi totalnya ada 105 ekor burung dara (merpati-red) yang dimusnahkan, karena burung dara ini menjadi media potensial penyebaran virus H5N1 atau flu burung, jadi harus dimusnahkan," ungkapnya.

Setelah disembelih, lanjutnya, seluruh burung merpati tersebut kemudian dikuburkan di areal kosong milik warga.

Sementara, beberapa ekor burung merpati akan dibawa pihaknya ke Balai Pengujian Hewan untuk diteliti di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan, Teknologi Peternakan dan Pengujian Mutu Hasil Peternakan, Dinas Pertanian Kelautan dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta.

"Jadi supaya tahu ada penyakit apa yang ada di dalam burung. Mungkin saja selain flu burung, ada penyakit lainnya yang mengancam. Karena kita nggak mau kan kalau ada apa-apa kedepannya," katanya menambahkan.

Seperti diketahui sebelumnya, 'Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, apalagi flu burung. Ngeri', ungkapan tersebut spontan disampaikan Kasudin Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Pusat, M Mulyadi sebelum razia unggas digelar.

Ungkapannya memang beralasan sebab virus yang bernama H5N1 itu sangat berbahaya bagi manusia.

Razia unggas lanjutan dari wilayah sebelumnya yakni, Kelurahan Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (24/3/2016) lalu itu, kini, berlokasi di RW 06 dan RW 10 Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (28/3). Bersama petugas Satpol PP Jakarta Pusat dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Cempaka Baru, pihaknya menyisir rumah warga dan mendata seluruh unggas yang dipelihara warga.

Tercatat ada sebanyak 40 ekor lebih burung merpati dan sejumlah ekor ayam hias serta burung kicau ditemukan. Tidak hanya unggas, petugas pun menemukan lapak ternak burung merpati di sebuah lahan sengketa seluas 400 meter persegi di RT 03/06 Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat.‎
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help