Tidak Ada Gudang, Soal UN SMA/SMK Jakarta Dititipkan di Percetakan

Dalam waktu dekat, akan dilakukan serah terima soal yang telah selesai dicetak.

Tidak Ada Gudang, Soal UN SMA/SMK Jakarta Dititipkan di Percetakan
Kompas.com
Ilustrasi. Siswa mengikuti ujian nasional. 

WARTA KOTA, SETIABUDI -- Soal Ujian Nasional (UN) SMA/SMK berbasis kertas dan pensil (UNKP) untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta sudah hampir selesai dicetak.

Dalam waktu dekat, akan dilakukan serah terima soal yang telah selesai dicetak dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta.

"Rencana tanggal 20 Maret ini akan ada serah terima, artinya soal sudah hampir selesai," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Rianto kepada Warta Kota di ruangannya, Selasa (15/3/2016).

Menurut Bowo, setelah dilakukan serah terima, seharusnya soal UN dibawa ke Jakarta, namun karena di Jakarta belum ada gudang, maka, soal akan tetap dititipkan di percetakan.

"Dititip di percetakan di Jawa Timur, hingga tanggal dua April," ungkap Bowo.

Menurut Ketua Pelaksana UN Tahun Ajaran 2015/2016 ini, hal tersebut dilakukan juga untuk mengantisipasi kebocoran soal UN.

Kemudian tanggal dua April, soal yang diperkirakan berjumlah lima kontainer akan dikirim ke Jakarta melalui jalur darat.

Proses pengiriman menurut Bowo, akan dikawal secara ketat dengan melibatkan aparat kepolisian.

"Kalau misalkan ada kebocoran, adanya di mana? Kontainer sama kuncinya juga dibawa terpisah sama orang berbeda," tegas Bowo.

Saat tiba di Disdik Jakarta kemudian, lanjut Bowo, soal UN tersebut akan didistibusikan ke lima titik distribusi sementara yakni, di SMA 78 Jakarta Barat, SMA 68 Jakarta Pusat, SMA 13 Jakarta Utara, SMK 26 Jakarta Timur dan SMA 70 Jakarta Selatan

"Setelah itu soal akan dikirim ke masing-masing rayon di seluruh Jakarta," kata Bowo.

Sama seperti tahun lalu, UN tahun ini akan diberlakukan dua sistem yakni sistem UN berbasis kertas atau paper based test (PBT) dan UN berbasis komputer atau computer based test (CBT).

Ujian Nasional 2016 SMA PBT akan dilaksanakan pada 4-6 April 2016, sementara SMK PBT dilakukan hingga 7 April 2016.

Untuk sekolah yang menggunakan CBT UN digelar lebih lama yakni tanggal 4-7 dan 11-12 April 2016 untuk SMA dan 4-7 April untuk SMK. (Acep Nazmudin)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved