Jakarta Banjir

Katulampa Siaga I, Ahok: Santai Saja Lah

Hujan lebat yang terus menerus turun di kawasan Bogor, menyebabkan pintu air Katulampa, statusnya menjadi siaga I.

Katulampa Siaga I, Ahok: Santai Saja Lah
Tribunnews.com
Bendung Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Hujan lebat yang terus menerus turun di kawasan Bogor, menyebabkan pintu air Katulampa, statusnya menjadi siaga I.

Akibatnya, hari ini, beberapa titik wilayah Jakarta juga tergenang akibat banjir kiriman dari Bogor tersebut.

Namun, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mengatakan, saat ini, jika Katulampa statusnya menjadi siaga I, tidak perlu dikhawatirkan.

"Katulampa kalau hujan siaga satu melulu, santai saja. Yang penting di (pintu air) Manggarai, pintunya kamu buka, jangan sampai siaga satu kamu tutup. Sudah airnya penuh siaga satu, (baru) kamu buka. Ya tenggelamm Jakarta," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2016).

Karena itu, Ahok mengaku selama ini tidak habis pikir dengan petugas pintu air. Pasalnya, mereka selalu menerapkan prosedur, bahwa semua air dibuang ke Kanal Banjir Barat (KBB).

"Makanya aku kesel sama yang kemarin (petugas pintu air), semua air dibuang ke Kanal Banjir Barat. Akhirnya Kali Angke nggak bisa turun, hujan lagi, ya tergenang, lu iseng banget tutup, itu kan zaman Belanda," kesalnya.

Ahok pun mengakut tidak tahu alasan para petugas pintu air selama ini menerapkan prosedur tersebut. Dengan diketahuinya prosedur yang dijalani itu, kini Ahok memerintahkan petugas pintu air untuk membuka selalu pintu air Manggarai.

"Aku nggak ngerti lah, mungkin pingin supaya banjir, aku nggak ngerti lah, dia pikir aku nggak ngerti air kali," katanya.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help