Perbaikan Jalan Ambles di Jembatan Serong, Tunggu Pembetonan

Ruas jalan yang akan dibeton selebar sekitar 2 X 10 meter.

Perbaikan Jalan Ambles di Jembatan Serong, Tunggu Pembetonan
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ilustrasi. Belasan pekerja dari Dinas Bimasda Depok melakukan perbaikan jalan amblas di Jembatan Serong, Cipayung, Depok, Kamis (25/2/2016). Perbaikan sudah berhasil mengganti gorong-gorong yang amblas secara sementara dan tinggal menunggu pengecoran. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Sisi barat Jalan Pitara, tepatnya di Jembatan Serong, Cipayung, Kota Depok, yang ambles Rabu (17/2/2016) dinihari lalu dan mulai diperbaiki sejak Rabu (24/2/2016), kini hampir rampung.

Perbaikan tinggal menunggu pembetonan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

Ruas jalan yang akan dibeton selebar sekitar 2 X 10 meter.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bimasda Kota Depok, Hardiman, kepada Warta Kota, Minggu (28/2/2016).

"Saat ini tinggal menunggu dilakukannya pembetonan di ruas jalan yang amblas itu," kata Hardiman.

Menurut Hardiman, sejak Rabu (24/2/2016) atau sepekan setelah ruas jalan ambles, pihaknya telah melakukan perbaikan.

Yakni dengan mengganti gorong-gorong di bawah jembatan dengan paralon berdiameter sekitar 1 meter dan panjang sekitar 10 meter.

Paralon itu ditanam sedalam dua meter di bawah jalan yang ambles.

"Setelah paralon terpasang, kita lakukan pemadatan di atasnya dengan material yang ada, lalu nanti akan dilakukan pembetonan," kata Hardiman.

Menurutnya pemadatan sudah dilakukan dan dianggap cukup, sehingga tinggal menunggu adanya pembetonan.

Namun Hardiman mengaku tidak dapat memastikan kapan pembetonan dilakukan sebab pihaknya masih menunggu anggaran darurat yang diajukan untuk perbaikan jalan itu turun.

"Perbaikan ini bentuk penanganan darurat dan menggunakan material yang masih ada dan dimiliki Dinas Bimasda Depok. Jadi masih jalan terus prosesnya," kata Hardiman.

Seperti diketahui sisi barat jalan di Jembatan Serong Cipayung, Depok, retak dan amblas sedalam sekitar 20 cm, Rabu (17/2/2016) dinihari lalu.

Akibatnya sejak saat itu, sebagian ruas jalan yang amblas ditutup. Karena hal ini kemacetan dan kepadatan kendaraan kerap terjadi di Jalan Pitara di kawasan Jembatan Serong.

Untuk mengatasi kemacetan Satlantas Polresta Depok melakukan pengalihan arus kendaraan.

Kasat Lantas Polresta Depok Komisaris Sutomo menuturkan sejak amblasnya jalan, maka satu lajur ruas jalan yakni arah dari Citayam dan Cipayung ke utara atau ke Jalan Margonda tak bisa dilintasi kendaraan.

Dengan begitu satu lajur jalan yang ada dipakai bergantian oleh kendaraan dari dua arah.

"Kami terus menempatkan petugas kami di sana, sepanjang hari bergantian untuk mengantisipasi dampak kemacetan yang terjadi akibat amblasnya jalan," kata Sutomo.

Sedangkan pengalihan arus katanya dilakukan jika volume kendaraan sangat padat dan tergantung situasi di lapangan.

Karenanya kata Sutomo, ruas jalan tetap dapat dilintasi walau bergantian dan menjadi agak tersendat.

Jika sangat padat, maka arus kendaraan dari Citayam atau Cipayung yang ke arah Pitara akan dialihkan sebagian melalui Bojongsari.

Sementara untuk arus kendaraan sebaliknya, tidak ada jalan alternatif yang bisa dipakai untuk pengalihan.

"Sehingga kita atur untuk menggunakan arus jalan yang ada secara bergantian," kata Sutomo.

Meskipun arus kendaraan di sana tersendat, menurutnya petugas akan mengatur supaya lajur dipakai bergantian oleh kendaraan dari dua arah agar lebih lancar.

Sutomo menturkan, pihaknya memastikan akan tetap siaga di lokasi, saat perbaikan jalan yang amblas dilakukan. "Terutama agar tidak membahayakan baik bagi pengendara yang melintas serta pekerja yang melakukan perbaikan," katanya.(bum)

FC: Pemadatan sisi barat Jalan Pitara, tepatnya di Jembatan Serong, Cipayung, Kota Depok, yang sempat amblas Rabu (17/2/2016) dinihari lalu. Perbaikan kini hampir rampung dan menunggu pembetonan setelah pemadatan dilakukan.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved