Kasus Pencurian

Polresta Depok Waspadai Pencurian Modus Coret Dinding Rumah

Polresta Depok kini mewaspadai kasus pencurian rumah dengan modus menandai dinding rumah yang akan disasar dengan sejumlah coretan berupa kode.

Polresta Depok Waspadai Pencurian Modus Coret Dinding Rumah
Warta Kota/Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ilustrasi : Inilah salah satu coretan merah yang selalu ada di setiap lokasi pencurian motor di Kawasan Mampang Prapatan. Komplotan pencuri motor cat merah , kini sedang gencar beraksi disana. 

WARTA KOTA, DEPOK - Kepolisian Resort Kota (Polresta) Depok kini mewaspadai kasus pencurian rumah dengan modus menandai dinding rumah yang akan disasar dengan sejumlah coretan berupa kode atau simbol tertentu.

Tercatat dalam dua pekan ini ada dua peristiwa pencurian yang diduga modusnya memberi coretan di dinding rumah yang disasar.

Kasat Reskrim Polresta Depok, Komisaris Teguh Nugroho, menuturkan belakangan ini ada beberapa kasus pencurian di Depok yang diduga modusnya pelaku mencoret dinding rumah sebelumnya dengan coretan atau tanda berupa simbol atau kode khusus.

Karenanya kini pihaknya mulai mengantisipasi dan mewaspadai hal itu kembali lagi terjadi di Depok.

"Beberapa waktu lalu, pencurian seperti ini diduga terjadi di Pancoran Mas, Depok. Setelah menerima laporan dan kami sisir, ada simbol coretan di dinding rumahnya," kata Teguh, Kamis (18/2/2016).

Menurut Teguh Nugroho, modus seperti ini sempat marak di beberapa wilayah di luar Depok beberapa tahun lalu.

Karenanya ia akan mengintensifkan patroli dan babinkamtibmas dalam melihat perkembang di wilayah permukiman warga.

Peristiwa terakhir yang diduga dilakukan dengan modus yang sama terjadi di RW5, Kelurahan Pondokjaya, Kecamatan Cipayung, Depok, Kamis dinihari.

Beruntung, Dodi Akbar (28), penghuni rumah memergoki pelaku yang sudah masuk ke dalam rumahnya. Dodi sempat mengejar pelaku, namun dua pelaku berhasil kabur dengan satu sepeda motor.

Para pelaku tak berhasil menggasak barang berharga apapun dari rumah Dodi.

Setelah kejadian itu, kata Dodi, ia mendapati dinding pagar rumah bagian depan miliknya terdapat coretan seperti graviti atau coretan anak-anak dengan cat warna kuning.

Karenanya ia menduga sebelumnya pelaku sudah mengintai rumahnya sehingga menandainya dengan coretan itu.

Kapolresta Depok Kombes Dwiyono mengimbau warga agar lebih waspada dengan kasus pencurian rumah seperti ini. Ia berharap warga berperan serta secara gotong royong menjaga keamanan di wilayahnya.

"Selain kita tingkatkan patroli ke wilayah permukiman warga, juga kami harapkan masyarakat turut berperan serta menjaga keamanan," kata Dwiyono.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved