Pedagang Kaki Lima

Warga Usulkan Penempatan Pot di Sekitar Pasar Serdang

Guna mencegah kembali menjamur dan maraknya kembali lapak PKL dan parkir liar di Jalan Serdang Baru I, tepatnya sekitar Pasar Serdang, Kemayoran.

Warga Usulkan Penempatan Pot di Sekitar Pasar Serdang
Warta Kota/Dwi Rizki
Guna mencegah kembali menjamur dan maraknya kembali lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir liar di Jalan Serdang Baru I, tepatnya sekitar Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, warga mengusulkan agar sejumlah pot ditempatkan di sepanjang jalan dan atas saluran. 

WARTA KOTA, KEMAYORAN - Guna mencegah kembali menjamur dan maraknya kembali lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir liar di Jalan Serdang Baru I, tepatnya sekitar Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, warga mengusulkan agar sejumlah pot ditempatkan di sepanjang jalan dan atas saluran.

Usulan tersebut disampaikan Ketua RW 03 Serdang, Pudjono Pranoto saat meninjau proses penertiban PKL dan parkir liar yang dilakukan oleh Satpol PP Kecamatan Kemayoran dan Sudin Perhubungan Jakarta Pusat di sekitar Pasar Serdang pada Rabu (17/2/2016) pagi.

Dirinya beralasan, penempatan pot tanaman di sepanjang jalan dan atas saluran air dapat membatasi ruang gerak para PKL maupun warga yang hendak memarkirkan sembarang kendaraannya saat berkunjung ke Pasar Serdang. Sehingga, tidak hanya mencegah kembali pelanggaran, pengawasan terkait pelanggaran pun dapat mudah dilakukan.

"Penyebab adanya PKL dan parkir liar karena ada ruang di atas saluran, sementara warga yang mau ke pasar itu maunya cepet-tinggal parkir di atas saluran. Karena itu, pencegahan yang paling bagus itu dipasang pot besar di sepanjang saluran," jelasnya.

Usulan tersebut memang terlihat menjanjikan, karena sebelum dilakukannya penertiban, sejumlah lapak PKL dan parkir liar terlihat bebas mengisi ruang saluran air di sepanjang Jalan Serdang Baru I, mulai dari sisi Kecamatan Kemayoran hingga Rumah Sakit Umum Kemayoran yang berada di sisi Barat Pasar Serdang.

Seperti diketahui sebelumnya, pihak Kecamatan Kemayoran menertibkan lapak PKL dan parkir liar yang berada di sekitar Pasar Serdang pada Rabu (17/2/2016) pagi.

Puluhan petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP Kecamatan Kemayoran, Sudin Perhubungan Jakarta Pusat serta petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Serdang membongkar lapak PKL dan mencabut pentil kendaraan milik warga yang terparkir liar.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help