Arus Lalin Di Jembatan Serong Cipayung, Dialihkan Sebagian

Sisi barat Jembatan Serong di Jalan Pitara, Cipayung, Depok retak dan ambles.

Arus Lalin Di Jembatan Serong Cipayung, Dialihkan Sebagian
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ilustrasi jalan yang ambles. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Sisi barat Jembatan Serong di Jalan Pitara, Cipayung, Depok retak dan ambles sedalam sekitar 20 cm, Rabu (17/2/2016) dini hari.

Karenanya satu lajur ruas jalan yakni arah dari Citayam dan Cipayung ke utara atau ke Jalan Margonda tak bisa dilintasi kendaraan.

Dengan begitu, satu lajur jalan yang ada dipakai bergantian oleh kendaraan dari dua arah.

Kasat Lantas Polresta Depok, Komisaris Sutomo, menjelaskan sejak Rabu dini hari sekitar pukul 02.00, saat jembatan diketahui retak dan ambles akibat tergerus hujan, pihaknya sudah menempatkan petugasnya di sana.

Pengalihan arus, katanya, dilakukan jika volume kendaraan sangat padat dan tergantung situasi di lapangan.

Karenanya, kata Sutomo, ruas jalan tetap dapat dilintasi walau bergantian dan menjadi agak tersendat.

"Seperti pagi tadi, arus kendaraan dari Citayam atau Cipayung yang ke arah Pitara kita alihkan sebagian lewat Bojongsari," kata Sutomo.

Sementara, untuk arus kendaraan sebaliknya, tidak ada jalan alternatif yang bisa dipakai untuk pengalihan.

"Sehingga, kita atur untuk menggunakan arus jalan yang ada secara bergantian," kata Sutomo.

Ia menuturkan, sejumlah petugas terkait, dari Pemkot Depok sudah memeriksa ruas jalan yang retak sepanjang sekitar 1 meter dan amblas sedalam 20 cm itu di sisi barat jembatan.

Menurut Sutomo, retak dan amblasnya ruas jalan karena gorong-gorong di bawah jembatan tergerus intensitas air Kali Baru yang volumenya naik dibeberapa hari terakhir ini.

"Meskipun arus kendaraan di sana tersendat, petugas akan mengatur supaya lajur dipakai bergantian oleh kendaraan dari dua arah," kata Sutomo.

Sementara itu, Camat Cipayung Asep Rahmat, menuturkan pihaknya sudah melaporkan adanya jalan yang retak dan amblas ini ke Dinas Bimasda Kota Depok, yakni bidang jalan dan jembatan.

"Kita sudah laporkan dan petugas sudah ada yang turun di sana," kata Asep kepada Warta Kota, Rabu.

Menurutnya sejak Rabu malam ini, saat arus kendaraan sudah mulai lengang, petugas Dinas Bimasda Depok akan mulai melakukan perbaikan dengan memperkokoh sebagian gorong-gorong dan menambal ruas jalan sisi barat jembatan yang retak dan amblas.
"Petugas sudah bersiap lakukan perbaikan," katanya.

Dengan begitu, kata Asep, diharapkan dalam satu dua hari ke depan, perbaikan rampung dan arus lalu lintas di sana kembali normal.

"Sebab, retakan tidak terlalu panjang dan lebar," katanya.

Menurutnya ruas jalan di jembatan Serong ini adalah salah satu jalur alternatif bagi warga Bojonggede, Bogor dan warga Citayam yang akan menuju Margonda atau Jakarta, selain melalui Jalan Raya Citayam.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved