Banjir di DKI Jakarta

Banjir Ancam Kebon Jeruk, Kali Sekretaris Dikeruk

Lumpur dan sampah yang ada di Kali kami keruk.

Banjir Ancam Kebon Jeruk, Kali Sekretaris Dikeruk
Warta Kota/Andika Panduwinata
Kali Sekretaris di keruk 

WARTA KOTA, KEBON JERUK - Bencana banjir masih menghantui Jakarta di musim penghujan ini. Ibu Kota pun siaga dalam menanggulangi banjir yang kerap terjadi dari tahun ke tahun.

Daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat menjadi wilayah langganan banjir di kala curah hujan yang intens mengguyur kawasan ini. Tiga pilar terdiri dari Polri, TNI, dan pihak Kecamatan melakukan antisipasi guna mencegah banjir di daerah Kebon Jeruk tersebut.

Mereka melakukan pengerukan Kali Sekretaris yang berada di kawasan RT / 05 Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kapolsek Kebon Jeruk, Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Eka Baasit mengatakan pengerukan ini merupakan solusi untuk meminimalisir bencana banjir yang kerap mengancam warga.

"Pengerukan ini sebagai solusi dan kami juga segera merespon masukan masyarakat bantaran Kali Sekretaris yang rumahnya selalu tergenang air saat musim hujan," ujar Eka di Kebon Jeruk pada Sabtu (13/2/2016).

Pengerukan tersebut berlangsung hingga 5 hari ke depan. Nantinya Kali akan dilebarkan dari Kelurahan Sukabumi Utara menuju Kelurahan Kebon Jeruk.

"Lumpur dan sampah yang ada di Kali kami keruk. Diharapkan debit air di Kali Sekretaris menjadi lebih banyak menampung air hujan sehingga pada akhirnya bisa mengurangi dampak meluapnya air," ucapnya.

Proses pengerukan menggunakan 1 unit eskavator. Ada juga 3 orang operator alat berat dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta yang melakukan pengerukan ini.

Hari (42) warga bantaran Kali Sekretaris mengungkapkan rumahnya selalu terendam banjir saat musim penghujan. Bahkan banjir selalu menghantui warga sejak puluhan tahun.

"Kali ini sempit, airnya meluap masuk ke pemukiman warga. Sudah puluhan tahun daerah ini selalu banjir," tutur Hari.

Eka menambahkan pihaknya juga menyediakan posko - posko banjir bagi warga yang rumahnya tergenang air. "Posko sudah didirikan di beberapa titik rawan banjir. Sudah siap dan siaga," paparnya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved