Liga Inggris

Setan Merah Masih Jadi Klub Kaya, Keuntungan Rp 9,8 Triliun

Terlepas dari performa di lapangan hijau, Setan Merah berhasil meraup pendapatan lebih dari Rp 500 juta poundsterling atau sekitar Rp 9,8 triliun.

Setan Merah Masih Jadi Klub Kaya, Keuntungan Rp 9,8 Triliun
AFP/Kompas.com
Seorang suporter Manchester United, berfoto di depan Stadion Old Trafford, sebelum pertandingan Premier League antara klub kesayangannya dan Manchester City, Minggu (12/4/2015). 

WARTA KOTA, MANCHESTER—Manchester United tetap menjadi klub yang meraih keuntungan. Terlepas dari performa di lapangan hijau, Setan Merah berhasil meraup pendapatan lebih dari Rp 500 juta poundsterling atau sekitar Rp 9,8 triliun.

Menurut BBC, Manchester United menjadi tim asal Inggris pertama yang pendapatannya tembus 500 juta poundsterling. Peningkatan itu tak lepas dari performa di luar lapangan Setan Merah.

Pendapatan kuartal kedua 2015 Manchester United naik 26,6 persen dan menembus angka 133,8 juta poundsterling. Pendapatan dari sisi komersial naik 42,5 persen menjadi 66,1 juta poundsterling.

Pemasukan besar juga didapat dari hak siar yang naik 31,3 persen menjadi 37,3 juta poundsterling. Demikian pula pemasukan dari sponsor, meningkat 1,6 juta poundsterling.

Penurunan terjadi hanya pada pemasukan dari penjualan tiket. Lantaran musim lalu tak bermain di kompetisi Eropa sehingga jumlah pertandingan kandang menyusut, pendapatan Setan Merah dari sektor ini turun 1,6 persen.

"Hasil apik di luar lapangan ini diharapkan bisa membantu target utama kami, prestasi di lapangan hijau!" kata Executive Vice Chairman, Ed Woodward, yang belakangan kerap dikritik terkait kebijakan transfernnya.

Woodward mencontohkan, pendapatan United itu diperoleh setelah mengamankan penawaran dari Sina Sport untuk MUTV di China. Lalu, ada perusahaan Amerika Serikat (AS), Columbia, yang menjadi pakaian resmi outdoor klub ini sejak bulan lalu.

Saat ini, Manchester United berada di peringkat ke-3 sebagai klub terkaya di dunia versi Deloitte. Berdasar Deloitte Football Money League 2016, mereka berada di belalang dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. (Estu Santoso)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved